Ulama Mojokerto Doakan Komjen Sigit Amanah Mengemban Tugas Kapolri

76
Kabareskrim Irjen (Pol) Listyo Sigit Prabowo menegaskan pentingnya kehadiran negara untuk menyelesaikan sejumlah persoalan bangsa. (Foto: Humas Polri)

Mojokerto, Muslim Obsession – Kebijakan Presiden Jokowi yang menunjuk Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo sebagai calon tunggal Kapolri mendapat respon positif. Para kiai dan ulama banyak yang memberikan dukungan kepada Komjen Sigit agar bisa memimpin Polri untuk lebih baik lagi.

Setelah dua ulama kharismatik asal Banten, Abuya Muhtadi Dimyati dan Abuya Muhtadi Dimyati, memberikan dukungannya, support agar Komjen Sigit ditetapkan sebagai Kapolri pun berdatangan dari kiai-kiai di Jawa Timur.

Sejumlah ulama di Kabupaten Mojokerto merespons positif penunjukkan Komjen Sigit oleh Presiden Jokowi. Mereka berharap, jendral polisi yang kini menjabat Kabareskrim itu amanah dalam memimpin Polri ke depan.

Baca juga: Dua Ulama Kharismatik Banten Dukung Komjen Sigit Jadi Kapolri

“Saya mendukung pemerintah atas penunjukan Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo sebagai calon Kapolri,” kata Ketua MUI Kabupaten Mojokerto KH Kholil Arpapy lewat keterangan tertulisnya, Jumat (15/1/2021).

Ia berharap, Komjen Sigit bisa membawa Polri semakin maju di bawah kepemimpinannya. “Semoga segala keputusan yang telah ditetapkan dapat menjadikan Polri ke depan semakin profesional, maju dan amanah,” ungkapnya.

Harapan yang sama juga disampaikan Ketua DPD LDII Kabupaten Mojokerto H Johan Abdillah. Dia mendukung keputusan Presiden Jokowi menunjuk Sigit sebagai pengganti Idham Azis. “Semoga amanah dalam melaksanakan tugas-tugas kepolisian,” kata dia, mengutip Detik.com.

Baca juga: Muhammadiyah Dukung Calon Kapolri Pilihan Jokowi, Komjen Listyo Sigit

Dukungan juga datang dari Ketua Majelis Wakil Cabang (MWC) NU Kecamatan Trowulan Syaiful Hadi dan Ketua MWC NU Kecamatan Jatirejo Ahmad Mansyur. “Semoga beliau amanah dalam mengemban tugas-tugas kepolisian,” tandas Hadi.

Sebelumnya, Komjen Sigit juga mendapat dukungan luas para ulama dari unsur Muhammadiyah dan NU, di antaranya mantan Ketua Umum PP Muhammadiyah Buya Syafii Ma’arif dan Ketua Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) KH Marsudi Syuhud.

“Sebagai pilihan Presiden kita hormati. Selamat buat Jenderal Listyo Sigit sebagai calon tungggal Kapolri,” tuturnya, Kamis (14/1/2021). Baca: Buya Ma’arif Dukung Komjen Listyo Sigit Jadi Kapolri

Seperti diketahui, Komjen Listyo Sigit Prabowo diusulkan Presiden Jokowi sebagai calon tunggal Kapolri pada Rabu (13/1/2021). Jendral polisi kelahiran Kota Ambon, Maluku 5 Mei 1969 tersebut menjabat Kabareskrim sejak 6 Desember 2019. Saat itu, dia menggantikan Jendral Idham Azis yang diangkat menjadi Kapolri.

Komjen Sigit ditunjuk menjadi calon Kapolri untuk menggantikan Jendral Idham Azis yang akan pensiun akhir Januari nanti. Lulusan Akademi Kepolisian (Akpol) 1991 tersebut harus menjalani fit and proper test atau tes kelayakan di Komisi III DPR mulai Senin pekan depan. (**)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here