Resep Doa Agar Anak Tidak ‘Nakal’ dan Tambah Semangat Belajar

221
Ilustrasi: Anak malas belajar. (Foto: additudemag)

Muslim Obsession – Setiap orangtua yang memiliki anak, adakalanya dipusingkan dengan tingkah polah anak-anak. Di usia mereka, seringkali orangtua kehabisan akal menghadapi anak-anak yang superaktif sehingga kerap dilabeli ‘anak nakal’.

Label tersebut sejatinya tidak perlu, karena pada dasarnya tidak ada ‘anak nakal’. Sebaliknya, kesabaran orangtua lah yang harus mengimbangi tingkah superaktif tersebut. Kesabaran yang terus menerus dibarengi doa kepada Allah Ta’ala dengan penuh ikhlas dan tanpa lelah.

BACA JUGA:

10 Doa Orangtua Agar Anak-anaknya Jadi Shalih dan Shalihah

Orangtua Perlu Ajarkan Al-Quran Sejak Dini

6 Adab Bertamu yang Harus Diajarkan kepada Anak-Anak

Namun demikian, orangtua pun harus jeli dan penuh rasa dalam membaca ‘tanda-tanda’ anak-anaknya. Sekiranya ada tanda anak mulai bertingkah ‘tidak wajar’ disertai dengan makin menurun semangat belajarnya, maka orangtua harus segera bersikap bijaksana untuk mengatasinya.

Caranya, selain usaha lahir, juga perlu usaha batin dengan berdoa memohon kepada Allah Ta’ala.

Menukil Ulama Nusantara, Habib Umar bin Muhammad bin Salim bin Hafidz dari Yaman memberikan resep khusus buat orangtua untuk mengatasi persoalan tersebut.

Pertama, ambil air hujan segelas. Bila tidak ada, ambil air sumur segelas, kemudian bacakan QS. Al-‘Alaq ayat 1 sampai 5 sebanyak 11 kali, sebagai berikut:

ﺑﺴﻢ ﺍﻟﻠﻪ ﺍﻟﺮﺣﻤﻦ ﺍﻟﺮﺣﻴﻢ

ﺍﻗْﺮَﺃْ ﺑِﺎﺳْﻢِ ﺭَﺑِّﻚَ ﺍﻟَّﺬِﻱ ﺧَﻠَﻖَ ‏(1‏) ﺧَﻠَﻖَ ﺍﻟْﺈِﻧْﺴَﺎﻥَ ﻣِﻦْ ﻋَﻠَﻖٍ ‏(2‏) ﺍﻗْﺮَﺃْ ﻭَﺭَﺑُّﻚَ ﺍﻟْﺄَﻛْﺮَﻡُ ‏(3‏) ﺍﻟَّﺬِﻱ ﻋَﻠَّﻢَ ﺑِﺎﻟْﻘَﻠَﻢِ ‏(4‏) ﻋَﻠَّﻢَ ﺍﻟْﺈِﻧْﺴَﺎﻥَ ﻣَﺎ ﻟَﻢْ ﻳَﻌْﻠَﻢْ (5)

BACA JUGA: Penting Banget Dibaca! Anak Mondok itu Rezeki Orangtua

Kedua, setelah dibacakan ayat tadi lalu ditiupkan ke gelas 3 kali dan minumkan ke anak yang bersangkutan.

Lakukan dua resep ini beberapa kali dengan penuh keyakinan dan pengharapan kepada Allah Ta’ala. Jika dilakukan dengan benar, insya Allah anak tersebut tidak akan lagi nakal dan mempunyai semangat belajar.

Semoga resep doa ini membantu orangtua dalam hal mendidik anak-anaknya, sehingga mereka tumbuh menjadi pribadi yang shalih dan shalihah. Aamiin. (Fath)

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here