Kunjungan Putra Mahkota Saudi ke Indonesia Ditunda, Apa Alasannya?

380
Mohammed bin Salman Al-Saud
Mohammed bin Salman Al-Saud. (Photograph: Fayez Nureldine/AFP/Getty Images)

Jakarta, Muslim Obsession – Putra Mahkota Saudi Mohammed bin Salman bin Abdulaziz Al Saud tiba-tiba menunda kunjungannya ke Malaysia dan Indonesia.

“Indonesia dan Saudi Arabia akan terus berkomunikasi untuk menentukan jadwal baru, sekaligus memastikan hasil-hasil kunjungan (deliverables) yang lebih optimal,” demikian siaran pers Kemlu, dikutip Selasa (19/2/2019).

Padahal, dia dijadwalkan tiba di Kuala Lumpur pada Ahad (17/2) dan Jakarta pada hari Senin (18/2) untuk menandatangani beberapa perjanjian.

Hingga kini, tidak ada tanggal baru yang ditetapkan dan tidak ada alasan yang diberikan atas penundaan kunjungan Mohammed bin Salman.

Baca Juga:

Kedatangan Putera Raja Salman Disambut Protes Warga Inggris

Arab Saudi: Kritik Pangeran MBS adalah Pelanggaran!

Putra Raja Salman: Saudi Akan Jadi ‘The Next Eropa’

Sang pangeran yang juga merupakan penguasa de facto kerajaan, dijadwalkan untuk mengunjungi Cina, India dan Pakistan sebagai bagian dari tur Asia di mana ia diharapkan menandatangani sejumlah perjanjian investasi bilateral.

Para pejabat Pakistan mengatakan pada hari Sabtu bahwa kunjungan pangeran telah ditunda satu hari.

Sebuah pengumuman mendadak yang mengejutkan banyak warga Pakistan, yang sedang bersiap untuk menyambut delegasi Saudi, yang akan menjadi kunjungan pertama putra mahkota ke Pakistan sejak ia ditunjuk sebagai pewaris tahta pada 2017.

Namun, sejumlah pihak rupanya tidak senang dengan kedatangan Mohammed di Pakistan. Hal ini terlihat saat para pengunjuk rasa di Lahore memegang spanduk bertuliskan ‘Kami tidak akan menyambut Mohammed bin Salman, pembunuh jurnalis Jamal Khashoggi dan penghasut perang di Yaman’ pada Jumat lalu. (Vina)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here