Kedatangan Putera Raja Salman Disambut Protes Warga Inggris

475
Demonstran memasang poster menentang kunjungan Pangeran Mahkota Arab Saudi Mohammad bin Salman di London (Photo: Reuters)

Inggris, Muslim Obsession Sejumlah warga Inggris memprotes kedatangan Pengeran Mahkota Kerajaan Arab Saudi Mohammed bin Salman yang akan melakukan kunjungan kerja ke Inggris pada malam nanti, Rabu (7/3/2018) waktu setempat.

Dilaporkan, sekelompok Hak Asasi Manusia (HAM) dan lebih dari sepertiga warga Inggris mengecam Arab Saudi, karena perannya dalam konflik di Yaman yang menyebabkan negara tersebut memasuki ambang krisis kemanusiaan terparah.

Para demonstran memprotes peran kedua negara tersebut dalam konflik di Yaman. Di mana perang tersebut telah menewaskan sekitar 10.000 orang dan 8,3 juta orang bergantung pada bantuan pangan. Juga 400.000 anak-anak memiliki tingkat kekurangan gizi yang mengancam nyawa.

Warga Inggris memasang poster-poster berisi kecaman, di antaranya bertuliskan, “Britain, Should not Welcome War Criminal”. Juga terpasang foto Pengeran Mahkota Kerajaan Arab Saudi Mohammed bin Salman yang diberi keterangan, “I’m a War Criminal.”

Dalam lawatan tersebut, Putera Raja Salman akan bertemu dengan Theresa May dan anggota senior Keluarga Kerajaan untuk membicarakan isu seputar ekstremisme dan reformasi sosial.

Di kantor May’s Downing Street, kedua pemimpin tersebut akan meluncurkan “Dewan Kemitraan Strategis Inggris-Saudi”. Yakni, sebuah inisiatif untuk mendorong reformasi ekonomi Arab Saudi dan mendorong lebih banyak kerjasama mengenai isu-isu seperti pendidikan dan kebudayaan, serta pertahanan dan keamanan.

Dikutip dari Reuters, Rabu (7/3/2018), kunjungan Putera Raja Salman akan menandai era baru hubungan bilateral Inggris dan Saudi. Kedua negara akan mencakup kerja sama lebih luas yang saling memberi manfaat. (Vina)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here