Hikmah Rahmani: Fadilah Bekerja

148

Oleh: A. Rahman Habsyi (Sahabat Iman Penduli)

Jika Anda merasa lelah atau capek usai bekerja seharian dalam mencari rezeki halal, maka nikmati dan syukurilah, karena Allah l menyukai hamba-Nya yang bekerja keras.

Bekerja atau mencari rezeki yang halal merupakan ibadah. Rasulullah ﷺ menegaskan, bekerja untuk mencari nafkah merupakan kewajiban (fardlu).

BACA JUGA: 

Hikmah Rahmani: Penyakit Zhan (Sangka Buruk)

Hikmah Rahmani: Tugas Mulia

Hikmah Rahmani: Menjemput Taubat

Bekerja mencari nafkah dan rezeki halal dinilai sebagai salah satu bentuk jihad. Lelah karena bekerja, bahkan menjadi penggugur dosa-dosa kecil.

عن أبي هريرة قال قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ : ” إِنَّ مِنَ الذُّنُوْبِ ذُنُوْبًا لاَ يُكَفِّرُهَا الصَّلاَةُ وَ لاَ الصِّيَامُ وَ لاَ الْحَجُّ وَ لاَ اْلعُمْرَةُ. قَالَ: فَمَا يُكَفِّرُهَا يَا رَسُوْلَ اللهِ ؟ قَالَ : اَلْهُمُوْمُ فِيْ طَلَبِ الْمَعِيْشَةِ “

Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, ia berkata: Rasulullah b bersabda: “Sesungguhnya di antara dosa-dosa ada yang tidak bisa dihapus (ditebus) dengan pahala shalat, puasa, haji atau umroh, namun hanya dapat ditebus dengan kesusah-payahan dalam mencari nafkah,” (Diriwayatkan oleh Ath-Thobroni di dalam Al-Mu’jam Al-Ausath I/38 no.102).

Tetap semangat, terus berkarya dan bekerja dengan cinta.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here