Hikmah Rahmani: Penyakit Zhan (Sangka Buruk)

73

Oleh: Habib Abdul Rahman Al-Habsyi (Majelis Sahabat Iman Peduli/Ketua Yayasan Syekh Ali Jaber)

Berbagai prasangka buruk terhadap orang lain sering kali bersemayam di hati kita. Sebagian besarnya, tuduhan itu tidak dibangun di atas tanda atau bukti yang cukup. Sehingga yang terjadi adalah asal tuduh kepada saudaranya.

Ada beberapa bahaya berburuk sangka kepada orang lain yaitu:

1. Berpotensi mengganggu jiwa dan kesehatan mental.

2. Merusak diri. Berburuk sangka secara berlebihan hanya akan menimbulkan penyakit dendam kesumat yang pada akhirnya kalau dibiarkan akan merusak diri.

3. Membuat kita tidak produkitf. Pengalaman menunjukan bahwa berburuk sangka hanya membuat kita tidak produktif, malas, dan lebih sering menggunakan perasaan untuk membela diri yang sebenarnya tidak perlu dilakukan.

4. Sulit Untuk bahagia karena perasaan kita selalu diliputi oleh rasa dengki dan iri hati.

5. Bisa membuat sakit secara fisik.

6. Sikap Pengecut. Berburuk sangka adalah sesuatu yang tidak ksatria dan cenderung melamahkan semangat hidup utuk berkompetisi sehingga akhirnya menimbulkan sikap pengecut di dalam diri kita.

عَنْ عَائِشَةَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهَا قَالَتْ: قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: “مَنْ أَسَاءَ بِأَخِيهِ الظَّنَّ, فَإِنَّمَا أَسَاءَ بِرَبِّهِ؛ لأَنَّ اللَّهَ يَقُولُ: اجْتَنِبُوا كَثِيرًا مِنَ الظَّنِّ – سورة الحجرات آية 12

“Dari Aisyah ra berkata, “Bersabda Rasulullah Saw: “Barangsiapa yang berburuk sangka terhadap saudaranya maka sesungguhnya ia telah berburuk sangka terhadap Tuhannya. Karena sesungguhnga Allah swt telah berfirman : “Jauhilah oleh kalian akan kebanyakan berprasangka (zhan) karena sesungguhnya sebagian dari persangkaan itu merupakan dosa (Al-Hujurat: 12)”.

Bersih hati, bersih sikap, bersih ucap…jauhi Zhan!

Barakallah fiikum.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here