Berjemur, Yuk! Bisa Bunuh Virus hingga Tingkatkan Fungsi Otak Loh..

371
Ilustrasi: Berjemur di bawah sinar matahari pagi.

Jakarta, Muslim Obsession – Pagi hari merupakan waktu yang paling tepat untuk berjemur di bawah sinar matahari. Waktu pagi, sinar matahari masih belum terik sehingga kita bisa mendapatkan manfaat gratis kesehatan alami.

Cara terbaik untuk memanfaatkan sinar matahari pagi adalah dengan berjemur. Terutama di saat kondisi wabah Covid-19 yang tak kunjung mereda, berjemur bisa menjadi cara untuk melawan virus  yang menyerang sistem pernapasan.

Seseorang yang memiliki sistem imunitas yang rendah akan memiliki risiko yang lebih tinggi terpapar virus. Sebaliknya, seseorang yang memiliki sistem imunitas tinggi, tubuhnya dapat secara langsung mencegah dan melawan virus dalam tubuh.

Nah, saat berjemur paparan sinar matahari langsung dapat merangsang produksi vitamin D, yang penting dalam penyerapan kalsium dan fosfor dari makanan. Selain itu, vitamin D berperan penting dalam fungsi kekebalan tubuh, serta pembentukan sel darah.

BACA JUGA: Ary Ginanjar Ajarkan Jurus Ampuh PMP-TOB untuk Sembuhkan Covid-19

Untuk menjaga kadar vitamin D dalam tubuh, kita dianjurkan cukup berjemur selama 5-15 menit perhari.

Selain meningkatkan sistem kekebalan tubuh, manfaat berjemur di pagi hari membantu menekan sistem imun tubuh yang terlalu aktif. Dengan berjemur, sel darah putih mengalami peningkatan, sehingga dengan sendirinya mampu mengatasi penyakit dan mencegah infeksi.

Menukil Halodoc, berjemur ternyata tak hanya bermanfaat untuk memperkuat sistem imunitas tubuh saja. Ada banyak manfaat berjemur di pagi hari, beberapa di antaranya adalah:

Mengatasi Kelainan Kulit

Paparan sinar matahari di pagi hari mampu membantu penyembuhan kelainan kulit, seperti jerawat, eksim, penyakit kuning, serta infeksi jamur. Namun, untuk mencegah efek samping negatif dari radiasi paparan sinar UV, usahakan untuk berjemur dalam waktu dan durasi yang tepat, ya!

BACA JUGA: 4 Kunci Lawan Covid-19 ala Kiai Ma’ruf

Meningkatkan Fungsi Otak

Manfaat berjemur selanjutnya adalah meningkatkan fungsi otak. Faktanya, fungsi kognitif akan semakin berkurang saat tingkat vitamin D dalam tubuh berada dalam angka yang rendah. Selain itu, sinar matahari memicu pertumbuhan sel saraf di hippocampus, yaitu bagian otak yang bertanggung jawab dalam membentuk, mengatur, dan menyimpan ingatan.

Menurunkan Tekanan Darah

Saat berjemur, tubuh melepas senyawa nitric oxide ke dalam pembuluh darah. Senyawa ini berfungsi dalam membantu menurunkan tekanan darah. Dengan tekanan darah yang stabil, kamu akan terhindar dari penyakit berbahaya, seperti stroke dan serangan jantung.

BACA JUGA: Manfaat Matahari Pagi Sehangat Sinarnya

Meningkatkan Kesehatan Tulang

Manfaat berjemur selanjutnya, yaitu meningkatkan kesehatan tulang. Vitamin D akan merangsang penyerapan kalsium dan fosfor dalam makanan yang berfungsi untuk menguatkan tulang. Selain itu, sinar matahari meningkatkan kandungan vitamin D3 dalam tubuh yang memiliki peran penting dalam membentuk kepadatan tulang.

Selain berjemur, jangan lupakan untuk menerapkan pola hidup sehat, seperti konsumsi makanan sehat bergizi seimbang, berolahraga secara teratur, kelola stres dengan baik, serta rutin berolahraga.

Bila perlu, konsumsi suplemen dan multivitamin tambahan untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Selamat berjemur dan semoga kita semua selalu dalam keadaan sehat. (Fath)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here