Bahaya! Jangan Main HP di Atas Jam 11 Malam

622
Ilustrasi: Bermain handphone sambil tiduran. (Foto: Shutterstock/amenic181)

Muslim Obsession – Jika diperhatikan, ketergantungan manusia kepada handphone atau smartphone saat ini sudah sangat besar. Betapa tidak, handphone menemani manusia hampir 24 jam dengan hanya menyisakan sedikit waktu untuk istirahat.

Seyogianya, kita harus memiliki kesadaran untuk membatasi diri memainkan handphone. Jangan sampai kehidupan kita justru “dikuasai” oleh handphone sehingga berdampak buruk pada kesehatan.

Salah satu ujaran yang bisa kita ikuti adalah jangan menggunakan handphone di atas jam 11 malam. Mengapa?

Mengutip Obsession News, Selasa (28/9/2021), tubuh setiap manusia memerlukan proses pemulihan alami dengan tidur yang tidak terganggu radiasi dalam bentuk apapun pada waktu tersebut.

BACA JUGA: Awas! Kebanyakan Main Handphone Bisa Bikin Migrain

Rasa cemas dan penasaran untuk memeriksa handphone sebelum dan selama tidur juga harus dikontrol agar tidur nyenyak dapat tercapai dengan lebih mudah.

Menurut penelitian, handphone jenis apapun dapat mengeluarkan radiasi elektromagnetik yang dapat menunda serta mengganggu tidur yang berkualitas.

Radiasi dari handphone dapat mengganggu kemampuan tubuh untuk memperbaiki kerusakan yang terjadi dari aktivitas tubuh sepanjang hari.

Selain itu, penelitian lain yang dilakukan oleh Institut Teknologi Massachusetts atau MIT menunjukkan adanya pengaruh radiasi telepon genggam yang sanggup mempengaruhi sistem stres di dalam otak.

BACA JUGA: Jarang Disadari, Main HP Sebelum Tidur Bisa Merusak Mata Hingga Sebabkan Kanker

Tidak hanya menghantarkan radiasi langsung pada sistem pengaturan stres, handphone juga dapat meningkatkan kadar stres dengan frekuensi pengecekan handphone berulang kali, menelusuri setiap aplikasi yang dimiliki dengan kecemasan yang tidak disadari terus terjadi sehari-hari.

Kebiasaan ini membuat tubuh terus terjaga dan tidak bisa rileks untuk benar-benar tertidur nyenyak.

Waktu yang dihabiskan menggunakan handphone sebelum tidur juga terbukti dapat memperpanjang waktu yang dibutuhkan sebelum masuk ke fase tidur yang terdalam.

BACA JUGA: Pendapat Quraish Shihab Soal Hukum Baca Al-Quran Lewat HP

Secara tidak langsung, kondisi ini dapat mempengaruhi kemampuan berkonsentrasi seseorang saat terjaga dan meningkatkan kecenderungan emosi yang tidak stabil dalam jangka waktu pendek maupun panjang.

Bagi anak-anak dan remaja yang masih dalam masa pertumbuhan, dan butuh lebih banyak waktu tidur daripada orang dewasa, kemungkinan posisi handphone diletakkan di dekat kepala akan semakin besar, dibandingkan pada orang dewasa, karena adanya tahap kecanduan.

Hal ini semakin memperbesar risiko perubahan mood yang drastis, perubahan kepribadian, munculnya gejala yang mirip dengan ADHD serta tingginya angka depresi pada anak-anak.

5 Langkah Tinggalkan Kebiasaan Buruk

Kebiasaan utak-atik media sosial seperti Facebook, Instagram, Twitter hingga menonton tayangan YouTube atau TikTok pada malam hari sebelum tidur atau sambil tiduran, harus segera ditinggalkan.

Untuk mengurangi pengaruh buruk dari handphone, berikut hal-hal yang perlu dilakukan:

1. Usahakan untuk menyimpan handphone atau alat-alat elektronik lainnya di ruangan selain ruangan tidur;

2. Letakkan handphone Anda di furnitur selain tempat tidur yang ada di dalam kamar, untuk memberikan jarak dari radiasi handphone yang mungkin mengenai tubuh;

3. Ubah pengaturan handphone menjadi airplane mode jika Anda tetap ingin meletakkan handphone di dekat Anda untuk alarm di pagi hari. Dengan cara ini, radiasi dari handphone hanya akan terjadi secara minimum;

4. Ubah ketergantungan terhadap handphone dengan sedikit demi sedikit mengurangi waktu mengecek handphone dan media sosial;

5. Atur fitur “shutdown” untuk mematikan handphone secara otomatis di jam 11 malam atau kurang.

Cobalah kelima langkah di atas untuk mengubah kebiasaan buruk Anda dan menghindari paparan negatif dari handphone. Selamat mencoba. (Fath)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here