Pendapat Quraish Shihab Soal Hukum Baca Al-Quran Lewat HP

229

Jakarta, Muslim Obsession – Seiring berkembangnya teknologi informasi, telah merubah gaya hidup masyarakat. Bukan hanya dalam bergaul, tapi juga beribadah. Banyak orang kini dengan mudah membaca Al-Quran melalui aplikasi handpone atau HP.

Beragam pendapat muncul, apakah membaca Al-Quran dengan HP dan mushaf asli hukumnya sama atau beda. Apakah bisa mempengaruhi nilai ibadahnya.

Ustadz Syafiq Basalamah dalam sebuah tausiyahnya menyebutkan bahwa pahala membaca Al-Quran digital tidak sama dengan ketika membaca Al-Quran dari mushaf. “Firman Allah SWT murni. Sedangkan HP kita bermacam-macam isinya,” ujarnya.

Penjelasan lain datang dari ahli tafsir Quraish Shihab. Dalam salah satu tayangan di Channel Youtube Najwa Shibab, penulis Tafsir Al Mishbah itu mengatakan Al-Quran diturunkan Allah kepada Nabi Muhammad SAW dalam bentuk suara dan bukan dalam tulisan.

Nabi Muhammad yang kemudian meminta para sahabat untuk menulis wahyu-wahyu Al Quran tersebut. Saat ditulis pertama kali, kata Quraish Shihab, Al Quran tidak pakai baris. “Lalu berkembang diberi baris. berkembang diperindah,” katanya dalam dialog dengan putrinya Najwa Shibab itu.

Dari tulisan-tulisan oleh sahabat Nabi itu, Al-Quran berkembang sesuai dengan kemajuan teknologi. Mulai dari piringan hitam, kaset, video, hingga aplikasi di telepon genggam atau HP.

“Semua itu selama bacaannya benar maka tidak dipermasalahkan apakah dengan melalui kaset mendengarnya, melalui hp (handphone) dan sebagainya. Saya kira sama saja,” ujarnya.

Hal yang sama juga disampaikan di channel YouTube Yufid.TV yang menyebut tidak ada dalil yang mengatakan bahwa membaca Al Quran dengan mushaf lebih besar pahalanya dibanding lewat HP.

Karena Nabi Muhammad SAW hanya mengatakan siapa yang membaca Al Quran, maka setiap hurufnya ditulis 10 kali lipat pahala. Tidak disebutkan membacanya dari mana atau dengan media apa. Yang penting, pokoknya, membaca Al Quran.

Justru dengan adanya aplikasi Al Quran di HP tidak ada lagi alasan bagi kita untuk tidak membaca Al Quran. Karena saat ini, kita tidak bisa lepas dari HP. Bahkan HP selalu kita bawa kemana-mana. (Albar)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here