Awas! Kebanyakan Main Handphone Bisa Bikin Migrain

133
Kebiasaan bermain handphone bisa berdampak buruk pada kesehatan.

Muslim Obsession – Anda sering mengeluh sakit kepala? Cobalah periksa kembali kebiasaan memainkan handphone.Kok begitu?

Karena boleh jadi aktivitas yang dinilai “biasa” tersebut jika dilakukan terlalu sering maka akan menjadi kebiasaan yang berdampak buruk pada kesehatan, salah satunya membuat kepala sakit atau migrain.

Ya, saat ini tidak ada seorang pun yang terbebas dari handphone. Entah untuk membalas chat, mengecek media sosial, main game, urusan pekerjaan, dan urusan-urusan lainnya.

Namun apapun alasan Anda untuk main handphone, sebaiknya segera kurangi kebiasaan ini. Karena terlalu lama menatap layar handphone terbukti dapat meningkatkan risiko migrain dan sakit kepala.

Mengutip Hello Sehat, sebuah studi pada jurnal Cephalalgia menyebutkan bahwa menatap layar ponsel terlalu lama bisa menjadi salah satu pencetus di balik kambuhnya migrain.

BACA JUGA: Jarang Disadari, Main HP Sebelum Tidur Bisa Merusak Mata Hingga Sebabkan Kanker

Hal ini dibuktikan setelah Montagni dan tim meneliti sebanyak 5.000 orang dewasa muda dengan rata-rata usia 20 tahun, kemudian mengukur seberapa lama mereka menatap layar handphone, komputer, atau televisi setiap harinya.

Para ahli dari International Headache Society ini menemukan bahwa semakin sering Anda main handphone, maka semakin besar pula risiko serangan migrain.

Waktu Rawan Main Handphone

Kedati demikian, para ahli tadi, sebenarnya tidak menemukan bukti bahwa main handphone dapat meningkatkan risiko jenis sakit kepala selain migrain.

Mereka masih belum menemukan penyebab pasti hubungan antara migrain dengan kebiasaan sering main handphone. Pasalnya, jangka waktu main handphone pada setiap orang berbeda-beda, tergantung dari kebiasannya masing-masing.

Para ahli menduga bahwa ini ada kaitannya dengan paparan cahaya biru dari ponsel atau layar televisi dan laptop.

Ketika Anda sering main handphone dalam waktu yang lama, cahaya biru dari ponsel dapat mengganggu sinyal di otak dan menyebabkan stres. Stres yang terus-menerus menumpuk di kepala inilah yang bisa memicu migrain.

Penyebab migrain saat main handphone juga bisa disebabkan oleh postur tubuh yang salah. Kebanyakan orang atau mungkin juga Anda sendiri seringnya menatap layar handphone dengan posisi menunduk, artinya posisi handphone berada di bawah pandangan mata.

Dan tanpa disadari, kebiasaan ini dapat menyebabkan ketegangan otot di beberapa bagian tubuh, khususnya pada otot-otot leher. Otot-otot leher yang tegang ini terhubung ke bagian kepala. Ketika otot leher menegang, maka kepala Anda akan terasa seperti ketarik dan lama-lama memicu migrain.

Tak cuma sampai di situ. Migrain juga bisa terjadi kalau Anda punya kebiasaan main handphone sampai larut malam alias begadang. Inilah waktu rawan bermain handphone.

Ingat, orang yang kurang tidur akan lebih rentan terkena migrain daripada orang yang waktu tidurnya cukup. Jadi, sebetulnya ada banyak faktor yang bisa jadi penyebab migrain kambuh akibat penggunaan gawai.

Jangan Main Handphone Melulu, Batasi Waktunya!

Apapun yang sifatnya berlebihan, sudah pasti akan berakibat tidak baik. Apalagi berlebihan memainkan handphone sehingga Anda sering merasakan sakit kepala. Sadari dari sekarang, jangan main handphone melulu, Anda harus punya acara membatasinya.

Begitu juga cara terbaik untuk mencegah migrain kambuh adalah dengan mengubah gaya hidup Anda. Cobalah sebisa mungkin untuk mengerem kebiasaan memainkan handphone berlebihan demi kesehatan.

Meski pasti awalnya tidak mudah, tapi dengan komitmen yang kuat pasti Anda bisa melakukannya.

Nah, Anda bisa melakukan cara mudah berikut ini:

Pertama, batasi waktu main handphone saat di rumah, khususnya saat jam makan dan waktu kumpul keluarga. Bermain dengan anak-anak atau menemani mereka belajar atau mengajari mereka membaca Al-Quran, itu jauh lebih baik.

Kedua, pasang timer saat main handphone untuk mengontrol kebiasaan Anda. Hal ini juga bisa Anda lakukan saat menonton TV atau main komputer.

Ketiga, istirahatkan mata secara berkala. Setiap 20 menit, alihkan pandangan Anda ke benda yang jauh selama 20 detik. Ini dapat membantu meregangkan otot-otot mata yang lelah karena menatap layar ponsel.

Keempat, alihkah perhatian dengan melakukan hobi tanpa handphone, misalnya dengan olahraga, memasak, membersihkan rumah, menggambar, membaca buku, dan lain sebagainya.

Kelima, konsultasikan ke dokter jika Anda masih merasa sulit terlepas dari handphone atau bahkan sampai kecanduan.

Jika bisa melaksanakan kelima cara tersebut, insya Allah Anda mulai bisa menjauh dari kebiasaan buruk hingga kecanduan bermain handphone.

Selain itu cara ini juga bisa menurunkan risiko migrain, bahkan bisa menurunkan risiko gangguan penglihatan, mata perih, dan obesitas yang mungkin terjadi karena kebiasaan tidak sehat bermain handphone. (Fath)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here