5 Cara Alami Cegah Rambut Rontok

100

Muslim Obsession – Rambut adalah mahkota, demikian pepatah yang sering kita dengar. Jadi tak heran jika banyak orang sebisa mungkin menjaga rambut agar tetap sehat dan indah, sehingga penampilan tetap baik.

Ya, kerontokan rambut memang menjadi masalah yang bisa membuat penampilan terlihat lebih buruk. Apalagi jika kerontokan rambut dialami secara terus menerus dan sulit diatasi.

Menukil Obsession News, diketahui bahwa penyebab kerontokan bisa disebabkan beragam hal, bisa disebabkan gaya hidup atau kondisi kesehatan tertentu.

Lalu, bagaimana agar rambut tetap sehat dan terhindar dari kerontokan? Berikut ini tips mencegah kerontokan rambut dan mengoptimalkan pertumbuhannya.

BACA JUGA: 11 Manfaat Berenang untuk Kesehatan, Salah Satunya Menurunkan BB

1. Minum air cukup

Memenuhi kebutuhan cairan tubuh dapat mencegah berbagai masalah rambut. Mulai dari kerontokan, kekusaman hingga bercabang. Pertumbuhan rambut pun akan lebih optimal jika kamu cukup minum air setiap hari.

2. Tidur cukup

Penelitian membuktikan bahwa kurang tidur bisa menyebabkan kerontokan. Maka dari itu, tidurlah 7-8 jam setiap malam untuk menjaga kesehatan rambut maupun seluruh tubuh.

BACA JUGA: Hidup Sehat Ala Nabi Muhammad Saw

3. Mengonsumsi makanan sehat

Beberapa jenis makanan mampu menyebabkan kerontokan. Salah satunya adalah makanan atau minuman yang mengandung kafein. Hal ini dikarenakan kafein menyebabkan dehidrasi. Ketika dehidrasi, rambut pun akan melemah dan mudah patah.

Konsumsi makanan yang mengandung vitamin A dan E seperti telur, ikan serta susu agar rambutmu tidak mudah rontok.

4. Melakukan perawatan alami

Kamu bisa melakukan perawatan rambut menggunakan bahan alami seperti bawang putih. Bawang putih bisa dijadikan jus yang memperlancar peredaran darah ke kulit kepala. Sehingga, bisa mengatasi dan mencegah kerontokan serta membuat rambut lebih lembap.

5. Memijat kulit kepala

Pemakaian produk perawatan rambut terlalu banyak dan alat penata rambut bisa membuat folikel tersumbat. Pijatlah kulit kepala menggunakan coconut oil untuk mengatasinya. Ini juga dapat mencegah rambut patah. Kamu bisa menggunakan mayones dan teh hijau sebagai gantinya.

Selamat mencoba!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here