Hidup Sehat Ala Nabi Muhammad Saw

73
Nabi Muhammad Saw (Ilustrasi)

Garut, Muslim Obsession – Rasulullah Saw merupakan teladan hidup sepanjang masa. Dia seperti Al-Quran yang berjalan. Maka suritauladan paling baik adalah bisa mencontoh prilaku Nabi Saw. Meski itu terasa berat, tapi harus terus diupayakan

Ketua PP Muhammadiyah Agus Taufiqurrahman juga mengajak agar perilaku Nabi tak hanya patut dicontoh dari aspek ibadah mahdah, tetapi juga rutinitas sehari-hari. Misalnya, rajin menjaga kebersihan dan kesehatan, baik jasmani maupun rohani.

Kebiasaannya merawat kebersihan lingkungan, diri, dan rohani inilah yang menurut Agus menjadikan Nabi Muhammad Saw sepanjang hayatnya “hanya” mengalami sakit sebanyak dua kali.

Agus menerangkan sakit pertama jatuh saat beliau hijrah dari Makkah ke Madinah, dan sakit yang kedua saat menjelang wafat.

“Ini luarbiasa. Saya sering ditanya usia, setelah itu ditanya sudah berapa kali sakit. Makanya kalau mau sehat, mari kita jalankan apa yang dilakukan Rasul,” ajak ketua PP Muhammadiyah yang juga berprofesi sebagai dokter ini dalam kajian ramadan bersama PCM Garut Kota pada Senin (19/04/2021).

Rasulullah Saw jarang sakit karena mampu mencegah hal-hal yang berpotensi mendatangkan penyakit. Dengan kata lain, Nabi sangat menekankan aspek pencegahan daripada pengobatan.

“Jika kita telaah al-Quran dan Sunah, maka kita akan menemukan sekian banyak petunjuk yang mengarah pada upaya pencegahan,” katanya.

Hal ini mengindikasikan betapa Rasulullah sangat peduli terhadap kesehatan. Agus membeberkan gaya hidup sehat yang dijalani Rasulullah sehingga jarang sakit.

Pertama, kalau bangun jangan terlambat; kedua, atur makan dengan baik dan benar; ketiga, kontrol emosi apalagi marah; keempat, jagalah kebersihan; kelima, berpuasa dua kali dalam sepekan. (Albar)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here