Wanita Lebih Cepat Tua Setelah Punya Anak, Benarkah?

329
Keluarga Muslim (Foto: Ilustrasi/Shutterstock)

Muslim Obsession – Bagi kaum hawa, anggapan bahwa wanita lebih cepat tua setelah punya anak mungkin menjadi hal yang menyebalkan. Pasalnya, di saat suami tetap dengan penampilannya saat punya anak, Anda justru dibilang makin tua oleh kerabat lama saat bertemu. Yang lebih tak mengenakkan lagi, yang menyebabkan penuaan pada wajah Anda katanya karena punya anak!

Benarkah punya anak membuat wanita lebih cepat tua? Bukankah rasa bahagia setelah punya anak justru bisa bikin awet muda.

Nah, persoalan wanita lebih cepat tua setelah punya anak ini ternyata pernah dikaji dalam beberapa penelitian. Dalam penelitian yang dilakukan, disebutkan bahwa wanita cenderung lebih cepat mengalami penuaan sel-sel.

Baca Juga:

Kenapa Perempuan Lebih Cepat Tua Dibandingkan Lelaki?

Sssttt..! Makanan Ini Bisa Bikin Awet Muda Lho!

Studi: Latihan Aerobik Bikin Pintar dan Awet Muda

Telomer dan pengaruhnya terhadap proses penuaan

Penyebabnya terletak pada ujung DNA dan kunci utama dari usia-usia sel tubuh yang disebut telomer. Bentuk telomer sendiri seperti plastik pelindung yang terletak pada ujung tali sepatu.

Makin bertambah usia, sel-sel tubuh akan membelah diri, lalu telomer akan memendek. Apabila telomer terus memendek, maka DNA rusak dan sel tubuh mati.

Kondisi kerusakan DNA dan matinya sel tubuh sebenarnya wajar terjadi saat usia semakin lanjut. Kendati demikian, kerusakan DNA dan matinya sel tubuh pada wanita yang telah memiliki anak dinilai jauh lebih cepat ketimbang mereka yang belum memiliki anak.

Lebih parahnya lagi, proses penuaan dianggap lebih cepat terjadi pada wanita yang sudah punya anak ketimbang mereka yang merokok!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here