Tiga Jenis Orang yang Membawa Keberkahan

152

Oleh: Drs. H. Tb. Syamsuri Halim, M. Ag (Pimpinan Majelis Dzikir Tb. Ibnu Halim dan Dosen Fakultas Muamalat STAI Azziyadah Klender)

Tahukah siapa-siapa orang yang membawa berkah dalam kehidupan kita?

Pertama, orang yang membantu ketika kita susah. Kedua, mereka yang meninggalkan kita ketika susah. Dan ketiga, mereka yang menyebabkan kita menjadi susah.

Loh, kok bisa? Mengapa orang-orang itu membawa BERKAH?

Karena ketiga jenis orang ini secara tidak langsung telah melatih kesabaran (potensi diri) kita, juga membuat kita semakin dewasa dan bijaksana.

Ketika ada orang bicara mengenai Anda di belakang, maka ketahuilah bahwa itu adalah tanda bahwa Anda sudah ada di depan mereka.

BACA JUGA: Amalan Mudah untuk Orang yang Bukan Ahli Ibadah

Saat orang bicara merendahkan diri Anda, itu adalah tanda bahwa Anda sudah berada di tempat yang lebih tinggi dari mereka.

Ketika orang bicara dengan nada iri mengenai Anda, itu adalah tanda bahwa Anda sudah jauh lebih baik dari mereka.

Saat orang bicara buruk mengenai Anda, padahal Anda tidak pernah mengusik kehidupan mereka, itu adalah tanda bahwa kehidupan Anda sebenarnya lebih indah dari mereka.

BACA JUGA: Bukan Mereka yang Gila, Tapi Kitalah Sejatinya yang Gila

“Payung tidak dapat menghentikan hujan, tapi membuat Anda bisa berjalan menembus hujan untuk mencapai tujuan,” demikian tutur para bijak bestari.

Ingatlah! Orang pintar bisa gagal, orang hebat bisa jatuh, tapi orang yang RENDAH HATI dan SELALU SABAR dalam segala hal akan selalu mendapat jalan untuk menempatkan diri dengan seimbang karena kokoh pijakannya.

اصبر على مر الجفا معلم … فإن رسوب العلم في نفراته

ومن لم يذق مر التعلم ساعة … تجرع ذل الجهل طول حياته

ومن فاته التعليم وقت شبابه … فكبر عليه أربعا لوفاته

وذات الفتى -والله- بالعلم والتقى … إذا لم يكونا لا اعتبار لذاته

Wallahu a’lam bish shawab.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here