Susah Bangun Pagi? Salah Pilih Suara Alarm Bisa jadi Penyebabnya!

363
Bangun pagi

Jakarta, Muslim Obsession –  Bangun pagi masih menjadi tantangan berat bagi sebagian orang. Padahal, alarm sudah dipasang dan saat alarm berbunyi, Anda masih saja susah membuka mata lengket Anda. Kira-kira apa ya penyebabnya?

Menurut penelitian oleh RMIT University, bukan nada alarm yang mengejutkan atau membuat kaget, justru nada-nada melodi yang akan meningkatkan tingkat kewaspadaan Anda ketika bangun.

“Anda akan berasumsi bahwa alarm ‘bip bip bip’ yang mengejutkan akan meningkatkan kewaspadaan, tetapi data kami mengungkapkan bahwa alarm melodi mungkin merupakan elemen kunci,” kata Penulis utama studi ini, yang juga peneliti doktoral Stuart McFarlane, dilansir Daily Sabah, Rabu (5/2/2020).

Ia menekankan bahwa penelitian lebih lanjut diperlukan untuk mencari tahu jenis musik apa yang akan menghasilkan hasil bangun tidur terbaik. Menurutnya, pilihan suara mungkin memiliki konsekuensi penting.

Baca Juga: Wanita yang Bangun Pagi Terhindar dari Depresi, Kenapa?

Orang-orang dalam profesi yang membutuhkan mereka untuk waspada segera setelah mereka bangun – seperti responden darurat atau pekerja shift – terutama dapat mengambil manfaat dari nada alarm baru.

“Jika Anda tidak bangun dengan benar, kinerja pekerjaan Anda dapat menurun hingga empat jam dan telah dikaitkan dengan kecelakaan besar,” ujar McFarlane.

Studi yang dipublikasikan di PLoS ONE dilakukan pada 50 orang, yang menentukan jenis suara apa yang mereka gunakan untuk bangun dan menilai tingkat kesenyapan dan kewaspadaan mereka.

“Studi ini penting, karena bahkan para astronot NASA melaporkan bahwa inersia tidur mempengaruhi kinerja mereka di Stasiun Luar Angkasa Internasional,” kata co-penulis Profesor Adrian Dyer.

Baca Juga: Wanita yang Bangun Pagi Kurangi Risiko Kanker Payudara 

Dia menambahkan bahwa suara alarm seperti “beep beep beep” yang keras justru bekerja untuk mengacaukan atau membingungkan aktivitas otak ketika bangun, sementara suara yang lebih melodi dapat membantu kita beralih ke keadaan terjaga dengan cara yang lebih efektif.

Dyer mencontohkan nada alarm pilihan dengan dua lagu – The Beach Boys ‘”Good Vibrations” atau The Cure’s “Close to Me.” (Vina)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here