Wanita yang Bangun Pagi Kurangi Risiko Kanker Payudara 

218
Bangun pagi

Muslim Obsession – Penelitian baru menunjukkan bahwa wanita yang terbiasa bangun pagi memiliki risiko lebih rendah terkena kanker payudara.

Mengutip dari Medical News Today, Rabu (3/7/2019) para peneliti menjelaskan metode dan temuan mereka dalam makalah BMJ baru-baru ini. Untuk analisis, mereka menggunakan data pada 180.216 wanita dari Biobank Inggris dan 228.951 wanita dari Konsorsium Asosiasi Kanker Payudara.

Dalam laporan tersebut, mereka menemukan bukti konsisten preferensi pagi yang memiliki efek perlindungan pada risiko kanker payudara. Mereka juga menemukan bukti sugestif bahwa tidur lebih dari 7-8 jam per malam dapat memiliki efek buruk pada risiko kanker payudara.

Meski demikian, para peneliti menekankan bahwa efek yang mereka temukan kecil, dibandingkan dengan faktor risiko lain untuk kanker payudara, seperti BMI, konsumsi alkohol, dan merokok.

Untuk diketahui, kanker payudara dimulai dari jaringan payudara. Penyakit mengerikan itu muncul ketika sel-sel abnormal tumbuh di luar kendali, menyerang jaringan di dekatnya, dan menyebar ke bagian lain dari tubuh.

Baca Juga:

Catat! 8 Bahaya Kebiasaan Tidur Pagi untuk Kesehatan

Wanita yang Bangun Pagi Terhindar dari Depresi, Kenapa?

Angka Pengidap Kanker Payudara Semakin Meningkat, Begini Cara Mencegahnya!

Meski kebanyakan menyerang wanita, pria juga bisa terkena kanker payudara. Pada 2016, ada sekitar 3,5 juta wanita yang hidup dengan kanker payudara di Amerika Serikat, menurut National Cancer Institute (NCI), yang merupakan salah satu National Institutes of Health (NIH).

NCI juga memperkirakan bahwa sekitar 13% wanita di AS akan menerima diagnosis kanker payudara di beberapa titik dalam hidup mereka. Para peneliti ingin melakukan penelitian ini karena banyak penelitian yang diterbitkan tentang risiko kanker payudara dan tidur cenderung berfokus pada pekerjaan shift malam dan paparan cahaya di malam hari.

Jauh lebih sedikit penelitian yang berfokus pada sifat-sifat atau atribut pribadi yang sulit diubah oleh individu, jika mereka dapat mengubahnya sama sekali. Preferensi untuk pagi atau malam hari adalah contoh sifat tersebut.

Analisis regresi multivariabel dari data UK Biobank menunjukkan bahwa wanita dengan preferensi pagi memiliki risiko kanker payudara kurang dari 1% lebih rendah, dibandingkan dengan wanita dengan preferensi malam.

Sebuah faktor yang memiliki efek kurang dari 1% pada risiko kanker payudara wanita berarti bahwa hal itu mempengaruhi kurang dari 10 wanita dalam 1.000. Analisis pertama ini menemukan sedikit bukti untuk hubungan antara durasi tidur dan gejala insomnia.

Analisis MR dari data Biobank Inggris mendukung temuan ini, seperti halnya analisis MR pada dua sampel data BCAC, dengan satu pengecualian. Ini menunjukkan efek buruk dari peningkatan durasi tidur pada risiko kanker payudara. (Vina)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here