Profil Gus Solah: Kiai, Politisi, dan Aktivis HAM

712
Gus Solah. (Foto: Breakingnews)

Jakarta, Muslim Obsession – Kabar duka bagi masyarakat Indonesia. KH. Salahuddin Wahid atau yang akrab disapa Gus Sholah, wafat pada Ahad (2/2/2020) malam pukul 20.55 WIB di RS. Harapan Kita, Jakarta.

Nama Gus Sholah tentu tak asing bagi masyarakat di Tanah Air. Kiprah sosok kiai yang juga aktivis politik ini kerap mewarnai pemberitaan media massa.

Pemilik nama dan gelar lengkap Dr. (H.c.) Ir. KH. Salahuddin Wahid ini lahir di Jombang, 11 September 1942 atau wafat pada usia 77 tahun. (Baca: Kabar Duka, Gus Sholah Berpulang)

Gus Soleh merupakan seorang aktivis, ulama, politisi, dan tokoh Hak Asasi Manusia (HAM) di Indonesia. Ia pernah menjadi anggota Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) pada masa awal reformasi 1998.

Pengasuh Pondok Pesantren Tebu Ireng Jombang, Jawa Timur ini juga pernah menjabat sebagai Wakil Ketua Komnas HAM.

Bersama kandidat presiden Wiranto, ia mencalonkan diri sebagai kandidat wakil presiden pada Pemilu Presiden 2004. Langkahnya terhenti pada babak pertama, karena menempati urutan ketiga.

Salahuddin Wahid merupakan putra dari pasangan KH. Wahid Hasyim (ayah) dengan Sholehah (ibu). Beliau adalah adik kandung dari mantan Presiden Abdurrahman Wahid (Gus Dur). Ayahnya adalah putra dari pendiri Nahdlatul Ulama (NU), KH. Hasyim Asy’ari.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here