Kabar Duka, Gus Sholah Berpulang

251
Gus Sholah (Foto: Istimewa)

Jakarta, Muslim ObsessionInna lillahi wa inna ilaihi roji’un. Masyarakat Indonesia khususnya umat Islam berduka. Pengasuh Pondok Pesantren Tebuireng, Jombang, Jawa Timur, KH Salahuddin Wahid atau yang akrab disapa Gus Sholah, wafat pada pukul 20.55 WIB, Ahad (2/2/2020), di RS Harapan Kita, Jakarta.

Gus Sholah, kelahiran Jombang, 11 September 1942, wafat pada usia 77 tahun.

“Gus Sholah baru saja wafat, pada pukul 20:55. Mohon dimaafkan seluruh kesalahan. Allahummaghfirlahu warhamhu wa’afihi wa’fuanhu…,” tulis sepupu dari Gus Sholah, Irfan Wahid dalam akun twitternya, Ahad (2/2/2020) malam.

Lelaki yang disapa Ipang Wahid ini menjelaskan, kesehatan Gus Sholah telah menurun sejak dua minggu lalu. Saat itu, Gus Sholah mengalami gangguan di organ jantung.

Tim dokter yang merawat Gus Sholah sempat melakukan ablasi atau operasi untuk mengatasi gangguan irama jantung atau aritmia dengan menggunakan kateter yang dimasukkan ke dalam ruang dalam jantung.

Tindakan yang dilakukan tim dokter berjalan lancar. Sempat kembali ke rumah, namun beberapa hari kemudian lemas.

“Alhamdulillah sukses. Balik ke rumah beberapa hari kemudian lemas,” ujar dia.

Kondisi kesehatan Gus Sholah mulai menurun drastis pada Jumat, 31 Januari 2020 kemarin. Hingga pada Ahad mala mini, adik kandung KH. Abdurrahman Wahid atau Gus Dur ini wafat.

Selamat jalan, Gus.

Allahummaghfir lahu warhamhu wa’aafihi wa’fu ‘anhu. Aamiin.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here