Pimpin Pemuda Muhammadiyah, Ini Profil Cak Nanto

1812

Jakarta, Muslim Obsession – Sunanto alias Cak Nanto resmi terpilih sebagai ketua formatur dalam Muktamar Pemuda Muhammadiyah ke-XVII yang digelar di Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY), Rabu (28/11/2018).

Dia resmi menggantikan posisi Dahnil Anzar Simanjuntak sebagai ketua umum Pimpinan Pusat (PP) Pemuda Muhammadiyah, setelah meraih 590 suara.

Sunanto yang akrab disapa Cak Nanto itu bukanlah aktivis baru di keluarga Muhammadiyah. Pria kelahiran Sumenep, Jawa Timur itu merupakan kader otentik persyarikatan yang tumbuh dan berkembang dari proses perkaderan Muhammadiyah.


Baca Juga: 


Tak hanya itu, Cak Nanto di masa kecilnya dibesarkan di Panti Asuhan Muhammadiyah (PAM) Sumenep. Lalu melanjutkan pendidikan di Pondok Pesantren Sobron, Jawa Tengah.

Semasa dari pesantren itu Cak Nanto mulai aktif berkegiatan di organisasi otonom (ortom) Muhammadiyah. Mulai dari Ikatan Pelajar Muhammadiyah (IPM), Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IKM), dan terakhir di Pemuda Muhammadiyah.

Sebelum terpilih sebagai ketua umum, Cak Nanto merupakan Ketua Hikmah dan Hubungan Antar Lembaga Pemuda Muhammadiyah.

Di kalangan aktivis demokrasi, Cak Nanto dikenal cukup tersohor. Hari-harinya Cak Nanto juga aktif di dunia kepemiluan dengan bergabung di Jaringan Pendidikan Pemilih untuk Rakyat (JPPR). Di organisasi itu Nanto sudah berkiprah selama 10 tahun dan menjabat sebagai koordinator nasional.

Cak Nanto terpilih sebagai Ketua Umum Pimpinan Pusat Pemuda Muhammadiyah Periode 2018-2022 dengan memperoleh suara terbanyak.

Berikut perolehan suara Ketua Umum Pimpinan Pusat Pemuda Muhammadiyah Periode 2018-2022:

1 Ahmad Fanani (266)
2 Ahmad Labib (292)
3 Andi Fajar Asti (0)
4 Faisal (2)
5 Muhammad Sukron (2)
6 Sunanto (590)

Adapun suara tidak sah sebanyak 4 suara.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here