Pimpin Istighatsah, Ini Pesan Habib Nabiel Almusawa

122

Jakarta, Muslim Obsession – Sesepuh Majelis Rasulullah yang juga Wakil Ketua Komisi Dakwah Majelis Ulama Indonesia, Habib Nabiel Almusawa, akan memimpin bacaan dzikir dan doa dalam acara Muhasabah dan Istighatsah untuk Negeri di Masjid Istiqlal Jakarta, Kamis (28/1/2021) malam atau malam Jumat.

Berikut ini adalah pesan beliau untuk pemerintah dan umat Islam pada umumnya yang disampaikan di akun Instagramnya.

Semua musibah itu diturunkan hanya dengan izin Allah SWT dan orang-orang yang beriman baik masyarakat maupun pemerintah wajib kembali kepada Allah SWT saat ditimpa bencana.

Allah SWT berfirman, “Tak ada satu musibah pun yang menimpa seorang kecuali dengan izin Allah. Barangsiapa yang beriman kepada Allah niscaya ia akan memberi petunjuk pada hatinya. Dan Allah Maha Mengetahui segala sesuatu.” [QS At-Taghabun, 11]

Di antara penyebab turunnya musibah, sebagian besar ialah karena perbuatan manusia itu sendiri, baik ia sebagai rakyat maupun sebagai pemerintah. Maka jalan keluarnya adalah seluruhnya wajib bertaubat kepada Allah SWT.

Baca Juga: Jangan Tertukar! Ini Perbedaan Istighatsah, Munajat, dan Isti’anah

Allah SWT berfirman, “Telah nampak kerusakan di darat dan di laut disebabkan karena perbuatan tangan manusia, supaya Allah merasakan kepada mereka sebagian dari (akibat) perbuatan mereka, agar mereka kembali (ke jalan yang benar).” [QS Al-A’raf, 96]

Berdzikir, beristighfar dan beristighosah adalah salah satu cara untuk bertaubat serta kembali dan memohon kepada Allah SWT, agar ia menghilangkan cobaan itu.

Firman-Nya, “Dan Allah sekali-sekali tak akan mengazab mereka. Sedang engkau (wahai Muhammad) sedang berada diantara mereka. Dan tidaklah (pula) ALLAH akan mengazab mereka, sedang mereka meminta ampun.” [QS Al Anfal, 33)

Muhasabah dan Istighatsah disiarkan langsung melalui di akun Official TV MUI, TVRI, Inews TV,  dan beberapa chanel ormas-ormas Islam sehingga bisa diakses dan diikuti masyarakat secara luas. Live akan berlangsung tepat pada pukul 20.00 WIB.

Menurut Ketua Komisi Dakwah MUI, KH Ahmad Zubaidi yang ditunjuk sebagai ketua panitia muhasabah dan istighatsah, kegiatan ini akan diikuti oleh Wakil Presiden RI yang juga Ketua Dewan Pertimbangan MUI KH Ma’ruf Amin, Ketua Umum MUI KH Miftachul Achyar, sejumlah menteri dan pejabat pemerintahan, dan segenap Dewan Pimpinan MUI, dan pimpinan MUI daerah yang tersambung secara virtual.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here