Pertama dalam Sejarah, Partai Buruh Skotlandia Dipimpin oleh Seorang Muslim

78

Muslim Obsession – Anas Sarwar sukses mencetak sejarah setelah terpilih menjadi Muslim pertama yang memimpin partai Buruh Skotlandia pada Sabtu (27/2/2021).

Dia memenangkan pemilihan cepat yang dipicu oleh pengunduran diri Richard Leonard yang mengejutkan enam minggu lalu.

Sarwar, mantan wakil pemimpin Partai Buruh Skotlandia yang didukung oleh mayoritas anggota parlemen partai, mengalahkan kandidat lain Monica Lennon, seorang MSP yang kurang berpengalaman yang didukung di sisi kiri partai, memenangkan 57,6% suara.

Baca Juga: Hassaan Shahawy Ditunjuk jadi Presiden Muslim Pertama Harvard Law Review

“Anda belum memiliki Partai Buruh Skotlandia yang layak Anda dapatkan – dengan meningkatnya ketidakadilan, ketidaksetaraan, dan perpecahan, saya minta maaf kami belum cukup baik,” katanya dalam pidato penerimaannya, seperti diberitakan The Guardian.

“Saya ingin mengatakan langsung kepada rakyat Skotlandia, saya tahu Partai Buruh memiliki banyak pekerjaan yang harus dilakukan untuk memenangkan kembali kepercayaan Anda. Karena jika kami benar-benar jujur, Anda belum pernah mengadakan pesta Buruh Skotlandia yang pantas Anda dapatkan,” ucapnya.

Dia menambahkan bahwa hari tersebut merupakan hari istimewa di mana mereka telah memilih pemimpin etnis minoritas pertama dari sebuah partai politik di Inggris.

“Itu tidak menjelaskan sesuatu tentang saya. Itu mengatakan sesuatu yang hebat tentang Skotlandia dan rakyatnya. Tapi perjuangan untuk kesetaraan masih jauh dari selesai. Dan saya akan bekerja dengan semua komunitas kami yang beragam di Skotlandia untuk membangun kembali negara yang kami cintai,” pungkasnya.

Humza Yousaf, sekretaris kehakiman SNP dan menteri kabinet Muslim pertama Skotlandia, memberi selamat kepada Sarwar atas kemenangannya.

Siapakah Anas Sarwar?

Lahir di Glasgow pada tahun 1983, Sarwar adalah putra dari anggota parlemen Muslim pertama, saat ayahnya terpilih menjadi anggota Glasgow Central pada tahun 1997.

Dia meninggalkan pekerjaannya sebagai dokter gigi pada tahun 2010 untuk politik, memenangkan kursi Westminster yang sama dengan ayahnya dalam pemilihan di mana Partai Buruh kehilangan kekuasaan setelah 13 tahun untuk koalisi Tory-Liberal Demokrat.

Sarwar terpilih menjadi wakil pemimpin Buruh Skotlandia dari 2011 hingga 2014, mengambil tugas mengoordinasikan kampanye partai selama referendum kemerdekaan.

Sarwar terpilih pada pemilihan Parlemen Skotlandia 2016 dalam daftar regional Glasgow.

Setelah dikalahkan dalam pemilihan kepemimpinan Buruh Skotlandia 2017 oleh Richard Leonard, ia kini menjadi pemimpin Partai Buruh Skotlandia dalam pemilihan kepemimpinan 2021.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here