Meski Telah Meninggal, Pahala Terus Mengalir

170

Oleh: A. Hamid Husain (Alumni Pondok Modern Gontor, King Abdul Aziz University, dan Ummul Qura University

Salah satu ibadah yang dahsyat pahalanya adalah mendidik anak dan cucu agar rajin ke masjid, rajin membaca Al-Quran, dan rajin bersedekah.

Jika mereka, anak-anak dan cucu-cucu kita melakukan itu atas didikan kita, maka pahala ke masjidnya, bacaan Qurannya dan sedekah mereka, kita orangtua juga MEMPEROLEHNYA tanpa berkurang pahala mereka sedikit pun.

BACA JUGA: Dijauhkan dari Siksa Kubur Karena Menjaga Kebersihan

Demikian penegasan Al-Imam Al-Albani sebagai berikut:

حثوا اولادكم على المساجد وعلى حفظ القران (وقيل الانفاق) ولكم مثل اجورهم

TRUE STORIES:

1- Allah SWT berfirman mengingatkan, agar orangtua membiasakan anak-anaknya dari kecil akrab dengan masjid dan keshalihan, agar tidak MENYESAL kelak di hari-hari dewasanya:

يبنى أقم الصلاة وأمر بالمعروف وانه عن المنكر واصبر على ما اصابك ان ذلك من عزم الامور. (لقمان ٣١ الاية ١٧)

“Wahai anakku!, laksanakan shalat, dan serulah orang-orang berbuat baik, dan mencegah mereka berbuat mungkar, dan bersabar terhadap apa-apa yang menimpamu. Sungguh, yang demikian ini, adalah hal yang sangat PENTING,” (QS. Luqman [31]: 17).

BACA JUGA: Curang Membawa Sengsara

2- Rasulullah ﷺ juga menegaskan:

مُرُوا أَوْلادَكُمْ بِالصَّلاةِ وَهُمْ أَبْنَاءُ سَبْعِ سِنِينَ، وَاضْرِبُوهُمْ عَلَيْهَا وَهُمْ أَبْنَاءُ عَشْرٍ، وَفَرِّقُوا بَيْنَهُمْ فِي الْمَضَاجِعِ (رواه ابو داود واحمد وصححه الألباني في “الإرواء”، رقم 247)

“Perintahkan anak-anak kalian untuk shalat saat usia mereka masih tujuh tahun, dan pukullah mereka saat usia menginjak sepuluh tahun jika tidak juga shalat. Dan mulai pisahkan tempat tidur mereka antara anak laki dan perempuan, juga tidak lagi tidur sekamar dengan orangtua,” (Hadis Sahih Riwayat Al Imam Abu Dawud 495 dan Al Imam Ahmad 6650). Diperkuat oleh Al Imam Al-Albani dalam Kitab Al-Mughni (1/357).

BACA JUGA: Action Itu yang Disukai Allah, Omdo Itu yang Dimurkai Allah

POINTERS:

1- Pembentukan karakter shalih haruslah dari kecil.

2- Jika anak-anak sudah dibiasakan ke masjid, baca Al-Quran dan bersedekah dari kecil, akan menjadi karakter dan kebiasaan yang enteng bagi mereka. Hidupnya pun selalu dalam NAUNGAN dan PERTOLONGAN Allah SWT.

3- Jika tidak dibiasakan dari kecil, akan menjadi BEBAN berat di hari-hari dewasa mereka. Bahkan berpotensi menjauh, dan sulit untuk dibenarkan.

BACA JUGA: Uberlah Berdoa di Mihrab

4- Salah satu dari 7 yang kelak di akhirat mendapatkan NAUNGAN dan PENGHORMATAN khusus dari Allah SWT adalah anak-anak muda yang hatinya selalu TERPAUT dengan masjid, rajin ke masjid.

وقلوبهم معلقة بالمساجد

“Yaa Allah, anugerahilah kami dari pasangan hidup kami, dan dari anak anak cucu keturunan kami, orang orang yang membanggakan, menyenangkan dan sukses hidup dunia-akhirat”.

ربنا هب لنا من ازواجنا وذرياتنا قرة اعين واجعلنا للمتقين اماما

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here