Mengapa Cepat Kenyang Saat Buka Puasa? Begini Penjelasannya!

94
Ilustrasi Kurma
Berbuka puasa dengan memakan kurma merupakan sunnah Nabi Muhammad Saw. (Foto: Edwin B/Muslim Obsession)

Muslim Obsession – Pada umumnya kita akan melakukan berbagai persiapan jelang buka puasa. Persiapan paling “seru” tentu saja menyiapkan menu untuk berbuka, dimana kita akan menyiapkan menu minuman dan makanan yang sehat untuk disantap bersama keluarga.

Namun, pernahkah Anda mengalami kejadian dimana perut Anda tiba-tiba terasa kenyang dan kehilangan nafsu makan? Padahal kita baru saja mencicipi sedikit makanan dan minuman.

Nah, mari kita cari tahu apa penyebabnya.

BACA JUGA: Hati-Hati, Hindari 6 Minuman ini Saat Buka Puasa

Mengutip Halodoc, perut yang cepat kenyang saat berbuka puasa menjadi hal yang normal dialami oleh orang-orang yang menjalankan ibadah puasa.

Hal ini disebabkan perubahan pola makan sehingga menyebabkan tubuh harus beradaptasi dengan pola makan yang dilakukan saat menjalankan ibadah puasa. Selain itu, ada beberapa penyebab lainnya, seperti:

1. Terlalu banyak mengonsumsi makanan yang mengandung gula. Tentunya banyak makanan untuk berbuka yang disajikan dengan rasa manis. Rasa manis yang dihasilkan dari makanan tersebut mempercepat tubuh dalam memperoleh energi baru. Melansir Canadian Sugar Institute, terlalu banyak mengonsumsi makanan yang mengandung gula nyatanya dapat menekan hormon dan saraf pada tubuh untuk menginginkan makanan sehingga kamu merasa lebih cepat kenyang.

BACA JUGA: Bukan Shalat dan Puasa, Lalu Amalan Apa yang Membuat Allah Senang?

2. Adaptasi tubuh. Perubahan pola makan menyebabkan tubuh melakukan adaptasi terhadap pola makan yang baru. Hal ini yang menyebabkan proses pencernaan menjadi lebih lambat sehingga menyebabkan kamu merasa kenyang lebih lama.

3. Hindari makan dalam porsi besar. Saat berbuka puasa, sebaiknya hindari mengonsumsi makanan dalam porsi yang besar. Tidak ada salahnya mengonsumsi kurma dan air putih untuk berbuka puasa. Setelah itu, konsumsi makanan secara perlahan agar tubuh tidak “kaget” ketika kembali mendapatkan asupan makanan.

BACA JUGA: 10 Makanan Terbaik Agar Mata Sehat

Itulah tiga penyebab yang membuat kamu merasa cepat kenyang saat waktu berbuka puasa. Untuk mencegahnya, ada beberapa cara yang bisa dilakukan saat berbuka puasa untuk menghindari gangguan kesehatan.

1. Jangan tunda. Memasuki waktu berbuka puasa, sebaiknya jangan tunda waktu berbuka. Jangan lupa untuk segera mengonsumsi air putih agar tubuh kamu kembali terhidrasi dengan baik. Ada beberapa dampak kesehatan jika kamu mengalami dehidrasi seperti menyebabkan sakit kepala, pusing, kelelahan, serta tubuh yang lemas. Itulah sebabnya kita perlu memenuhi kebutuhan cairan selama menjalani ibadah puasa.

2. Konsumsi makanan dengan gula alami. Setelah berbuka dengan air putih, kamu bisa mengonsumsi makanan yang mengandung gula alami agar energi kamu cepat mengembalikan energi tubuh. Kamu bisa mengonsumsi buah kurma yang mengandung beragam nutrisi dan gizi agar tubuh segera pulih menjadi lebih sehat. (Fath)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here