Jakarta Bakal Punya Masjid Apung Pertama, Apa Keistimewaannya?

169
Masjid Apung (Foto: Masjiduna)

Jakarta, Muslim Obsession – Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Ketua Umum Dewan Masjid Indonesia Jusuf Kalla (JK) meresmikan pembangunan masjid apung di kawasan Ancol, Jakarta Utara.

“Pengalaman berada di masjid ini harus unik karena tempatnya di atas permukaan air laut. Tentunya memberikan kesempatan dan pengalaman berbeda dibanding masjid di daratan,” ujar Anies saat peresmian, Sabtu (9/11) lalu.

Apa keistimewaan masjid apung ini?

Menurut Konsultan arsitek perencana masjid ini, Andra Matin, pembangunan masjid tersebut merupakan yang pertama di wilayah Jakarta. Masjid apung akan dibangun seluas 2.000 meter persegi yang mampu menampung hingga 2.500 jamaah.

Masjid yang lokasinya berada di sekitar pintu masuk timur Ancol ini juga akan menjadi tempat ibadah yang memiliki arsitektur unik dan satu-satunya di Jakarta.

Baca Juga: Cantiknya 6 Masjid Terapung di Indonesia

Sedangkan dari sisi bentuk, masjid ini akan berbentuk segi lima yang melambangkan lima rukun Islam serta jumlah waktu shalat wajib. Tinggi masjid yang direncanakan akan mencapai 25 meter ini, disesuaikan dengan jumlah nabi yang juga berjumlah 25.

“Pada sisi luar masjid akan terdapat enam buat menara yang melambangkan rukun iman,” kata Andra saat menyampaikan sambutan di acara Ground Breaking.

Dilihat dari atas, masjid ini akan terlihat seperti bulan dan bintang dilengkapi enam titik berlian, dan dari luar masjid ini menyerupai bentuk kapal phinisi, kapal khas Masyarakat Bugis. Warga yang ingin berkunjung harap sabar, sebab masjid siap digunakan setahun lagi. (Vin)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here