Cantiknya 6 Masjid Terapung di Indonesia

3470
Masjid Terapung di Gedebage Bandung (Photo: Istimewa)

Muslim Obsession – Jika Kota Jeddah di Arab Saudi memiliki Masjid Ar-Rahman yang dikenal sebagai masjid terapung, Indonesia pun memiliki masjid serupa. Masjid terapung yang indah dan tidak kalah menarik ada di enam tempat berbeda di Nusantara. Berikut 6 Masjid Terapung di Indonesia yang wajib kamu kunjungi!

Masjid Amirul Mukminin 

Masjid-Terapung-Makassar

Masjid yang berada tepat di timur laut Pantai Losari, Makassar ini diklaim sebagai masjid terapung pertama di Indonesia. Dikenal sebagai masjid terapung karena lokasinya yang unik. Dibangun di atas air laut, Masjid Amirul Mukminin ini akan tampak seolah-olah terapung di permukaan air pada saat air pasang.

Pembangunan Masjid Amirul Mukminin merupakan gagasan Walikota Makassar Ilham Arief Sirajuddin untuk memperkaya khasanah landmark Kota Makassar juga sebagai wisata religius. Dibangun mulai 8 Mei 2009, masjid ini kemudian diresmikan pada 21 Desember 2012 oleh M. Jusuf Kalla.

Masjid Al-Aminah

Masjid Al-Aminah benar benar terapung di Teluk Lampung. Terletak 300 meter dari bibir pantai Sari Ringgung, Kecamatan Padang Cermin, Kabupaten Pesawaran, Provinsi Lampung. Masjid ini mengapung ditopang oleh beberapa pelampung dan dijangkar supaya tidak hanyut.

Masjid ini awalnya difungsikan sebagai fasilitas ibadah bagi nelayan yang masih berada di laut. Masjid ini dibangun tahun 2012, direnovasi pada tahun 2014. Kemudian, diresmikan sebagai objek pariwisata Lampung pada tahun 2015.

Masjid Terapung Amahami

Mesjid terapung Amahami yang berada di Kota Bima telah resmi difungsikan untuk kegiatan ibadah sejak Kamis, (18/1/2018). Puncaknya, pada Jumat (19/1/2018) untuk pertama kalinya masjid tersebut digunakan umat Islam untuk melaksanakan shalat Jumat.

Masjid yang selesai dibangun akhir Desember 2017 tersebut, bahkan sempat dipakai untuk acara akad nikah anak Wali Kota  Bima pada 12 Januari 2018 lalu. Walimatul Akad orang nomor satu di Kota Bima itu pun ramai dihadiri pejabat sekitar dan masyarakat.

Masjid Terapung Al-Jabar

Masjid terapung yang berada di kawasan Gedebage, Kota Bandung, akhirnya mulai dibangun. Masjid yang diberi nama Al-Jabbar tersebut merupakan hasil karya keroyokan arsitek yang berasal dari Institut Teknologi Bandung (ITB).

Masjid tersebut diperkirakan dapat menampung 50 ribu jamaah dan akan dilengkapi dengan museum tentang Islam serta perpustakaan. Sementara pada bagian bawah masjid akan menjadi tempat percetakan Al-Quran.

Sedangkan pada bagian halaman masjid akan dibangun miniatur Kabah demi menunjang kegiatan manasik. Luas lahan pembangunan Masjid Al-Jabbar ialah 42.125 meter persegi dengan luas bangunan masjid 99 x 99 meter.

Masjid Arkam Babu Rahman 

Masjid Terapung Arkam Babur Rahman di Pantai Talise, Kota Palu, Sulawesi Tengah merupakan salah satu masjid unik di Indonesia. Keunikan ini ditandai dengan keberadaannya di atas laut sehingga banyak orang yang menyebutnya Masjid Terapung.

Selain itu pada malam hari, kubah masjid akan memancarkan cahaya 7 warna yang sangat indah dan menakjubkan. Usut punya usut, Masjid Arkam Babu Rahman sudah dikenal sebagai ikon Kota Palu. Daya tampungnya mampu menampung 200 jamaah.

Masjid Al-Munawaroh 

Masjid Al-Munawaroh terletak di Ternate, provinsi Maluku Utara. Merupakan masjid yang dibangun oleh Pemerintah kota Ternate di bibir pantai kota itu. Masjid yang begitu menawan dipandang dari laut, dengan dua menaranya yang memang dibangun di laut, memberikan pemandangan yang begitu indah.

Masjid Raya Al-Munawaroh kini menjadi landmark kota Ternate. Masjid Raya Al-Munawaroh dilengkapi dengan 4 menara setinggi 44 meter, dua dari menara tersebut memang dibangun di laut.

Sesuai dengan Permendagri Nomor 45 Tahun 2007, Masjid Al-Munawaroh termasuk kategori bangunan monumental dengan spesifikasi khusus. Dimana beberapa bahan bangunan masjid seperti keramik dan lampu didatangkan langsung dari Negara Turki. (Vina)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here