BB Malah Naik Saat Puasa? Jauhi 11 Makanan Ini!

115
Tidur setelah makan (Foto: Istimewa)

Muslim Obsession – Kebiasaan makan yang buruk di bulan Ramadhan mengakibatkan penambahan Berat Badan (BB) pada beberapa orang meski banyak orang berpuasa selama sebulan penuh.

Padahal, pada bulan Ramadhan ini bisa kita jadikan momen untuk menjaga asupan tidak bergizi selama 11 bulan sebelumnya.

Berikut tips menghindari penambahan berat badan dan meminimalisir rasa haus selama bulan suci, seperti dikutip dari egypttoday, Jumat (16/4/2021). Yuk, jauh-jauh dari 11 makanan dan minuman ini!

1. Minuman ringan bersoda

Minuman bersoda penuh dengan gula dan bahan-bahan berbahaya namun tidak memiliki manfaat sama sekali. Gantilah dengan jus alami.

2. Makanan asin

Makanan asin menyebabkan retensi air dan rasa haus. Sebisa mungkin, hindari makanan asin saat sahur.

3. Makanan pedas

Makanan tinggi kandungan cabai harus dihindari selama Ramadhan karena dapat menyebabkan perut menjadi asam dan masalah pada sistem pencernaan.

4. Makanan penutup

Salah satu alasan utama mengapa beberapa orang bertambah berat badan di bulan Ramadhan adalah karena mereka banyak makan makanan penutup setelah buka puasa.

Jika Anda makan makanan penutup secukupnya, Anda akan menurunkan berat badan di bulan Ramadhan. Atau ganti makanan penutup dengan buah-buahan, yang juga penuh dengan cairan dan vitamin dan tidak akan menyebabkan penambahan berat badan.

5. Acar

Sama seperti makanan asin, acar penuh dengan natrium, dan terlalu banyak natrium sangat buruk bagi kesehatan Anda dan akan menimbulkan rasa haus saat Anda berpuasa. Para atlet pada umumnya tidak disarankan untuk mengonsumsi acar.

6. Makanan kaleng

Setelah berpuasa lebih dari 15 jam, Anda akan membutuhkan berbagai makanan bergizi yang pasti tidak akan Anda dapatkan dari makanan kaleng. Jadi, pilih makanan segar dan hindari makanan kaleng sebanyak yang Anda bisa.

Baca Juga: Mengapa Cepat Kenyang Saat Buka Puasa? Begini Penjelasannya!

7. Nasi dan pasta

Cobalah untuk mengurangi jumlah nasi dan pasta yang Anda makan karena sebagian besar mengandung karbohidrat dan akan membebani perut Anda.

8. Buah jeruk

Hindari buah jeruk karena menyebabkan asam lambung dan gas.

9. Makanan kaya lemak

Makanan seperti krim, daging berlemak, ghee, dan makanan kaya lemak lainnya menyebabkan rasa haus, rasa lapar dini, dan meningkatkan kadar kolesterol.

10. Makanan yang digoreng

Cobalah untuk menghindari gorengan dan menggantinya dengan sayuran. Makanan yang digoreng menyebabkan penambahan berat badan dan gangguan pencernaan.

11. Teh dan kopi

Jangan minum teh dan kopi segera setelah berbuka karena dapat mencegah penyerapan zat besi dan anemia.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here