3 Obat Panjang Umur Terbaik di Dunia

164

Oleh: Buya H. Masoed Abidin (Ulama dan penulis)

Ada tiga obat terbaik yang bisa membuat kita panjang umur. Ketiga obat ini sangat murah, bahkan didapat dengan gratis.

1. Air Putih

Faktor pertama agar kita bisa berumur panjang adalah air putih. Inilah obat terbaik untuk menghindari penyakit, yakni minum air putih hangat.

Banyak penyakit yang disebabkan karena asupan air yang tidak mencukupi. Dan dengan bertambahnya usia, fungsi dari berbagai organ akan menurun, tubuh sering kekurangan air, tetapi tidak merasa haus.

Andai terlambat mendapatkan tambahan air, maka kaum usia 50-an dan usia tua sangat mudah terkena kulit kering, BAB (buang air besar) dan BAK (buang air kecil) tidak lancar, sembelit serta kasus lain-lainnya.

BACA JUGA: Ingatlah Tiga Hal dalam Kehidupan

Rentan terhadap dehidrasi, pingsan karena kepanasan.

Bagi orang tua yang berpenyakit saluran darah ke jantung atau ke otak, kurangnya minum air hangat dapat menyebabkan darah kental, yang secara tidak langsung akan mengakibatkan terjadinya infark miokard (penyumbatan pembuluh darah di jantung) dan infark serebral (penyumbatan pembuluh darah di otak).

2. Tidur

Tidur adalah asupan terbaik di dunia. Andai dapat tidur nyenyak, baik, cukup, dan berkualitas, maka penyakit tidak akan datang.

Selama ini “Poh” dikenal sebagai sesuatu yang membuat badan lebih sehat, lebih segar, lebih kuat. Sesuatu yang biasanya ditujukan ke makanan atau obat-obatan seperti ginseng, lazimnya disebut “Poh”.

Ada yang mengatakan, “Poh yang berasal dari obat tidak sebaik Poh yang berasal dari makanan. Tapi Poh yang berasal dari makanan tidak sebaik Poh yang berasal dari tidur nyenyak yang cukup”.

BACA JUGA: Makna Tangisan Istri

Tidur adalah Poh yang terbaik. Metode hidup sehat yang paling sederhana dan efektif adalah tidur yang berkualitas.

Tidur yang baik dapat menghilangkan kelelahan tubuh, membuat syaraf otak, sekresi internal, metabolism tubuh, aktivitas kardiovaskular, fungsi pencernaan, dan lainnya dapat memperoleh kesempatan istirahat dan perbaikan untuk membantu tumbuhnya sel-sel baru dan perbaikan jaringan tubuh, memperkuat daya tahan tubuh, serta meningkatkan ketahanan terhadap penyakit. Semua ini sangat penting untuk kesehatan tubuh kita.

Ingatlah pesan Rasulullah, untuk mendapatkan tidur berkualitas hendaklah: jangan tidur setelah shalat Shubuh, jangan tidur setelah shalat Ashar menjelang Maghrib, jangan tidur setelah shalat Maghrib, tetapi sebaiknya tidurlah sesudah melaksanakan shalat Isya. Jangan tidur terlalu larut malam dan bangunlah sebelum Shubuh datang.

3. Jalan Kaki

Berjalan kaki adalah olahraga terbaik, juga merupakan obat panjang umur terbaik. Berjalan kaki dinyatakan WHO sebagai olahraga terbaik di dunia.

Asosiasi ahli jantung di banyak negara dan para ahli sangat merekomendasikan, dan saat ini jalan kaki telah menjadi gerakan kesehatan yang paling populer di dunia.

BACA JUGA: Sembuhkan Sakit Hatimu, Maka Akan Sembuh Seluruh Tubuhmu

Organisasi Kesehatan Dunia telah menunjukkan bahwa berjalan kaki adalah olahraga terbaik di dunia, tidak hanya sederhana dan mudah dilakukan, hasilnya juga menguatkan badan.

Siapa saja, pria atau wanita, tua atau muda, andai baru memulai olahraga berjalan kaki pada hari ini pun tidak ada kata terlambat.

Kesimpulan

1. AIR PUTIH HANGAT adalah faktor pertama untuk berumur panjang.

2. TIDUR adalah Poh (asupan gizi) yang terbaik di dunia.

3. JALAN KAKI adalah olahraga terbaik, juga merupakan obat panjang umur paling mujarab.

Semoga bermanfaat dan salam sehat selalu. Wallahu a’lam bish shawab.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here