10 Masjid Apung Tercantik di Dunia

674
Masjid Kota Kinabalu Malaysia (Photo: Step Feed)

Muslim Obsession –  Masjid-masjid di seluruh dunia memiliki keunikan masing-masing. Dari segi desain atau letak, masjid dirancang seindah dan semenarik mungkin. Selain berfungsi sebagai tempat ibadah umat Islam, masjid adalah kepunyaan Allah yang harus kita rawat dan jaga sebaik mungkin.

Sebagaimana firman-Nya, “Dan sesungguhnya masjid-masjid itu adalah kepunyaan Allah. Maka janganlah kamu menyembah seorang pun di dalamnya di samping (menyembah) Allah”. (QS. Al-Jin [72]: (18)

Dari berbagai keunikannya, berikut ini 10 masjid di tengah air, yang terlihat seolah benar-benar terapung!

1. Masjid Sultan Omar Ali Saifuddin, Brunei Darussalam 

Masjid megah yang terlihat mengapung ini bernama Masjid Sultan Omar Ali Saifuddin, diambil dari nama Sultan Brunei ke-28. Masjid bercorak keemasan ini terletak di jantung Bandar Seri Begawan, ibu kota Brunei.

Kubah masjid dari emas itu mendominasi cakrawala dan dapat dilihat dari sisi mana saja di kota tersebut. Masjid dibuka untuk jamaah pada tahun 1958. Salah satu masjid paling megah di Asia Tenggara ini menjadi tempat ibadah sekaligus objek wisata populer di Brunei.

2. Masjid Hassan II, Maroko

Masjid Hassan II adalah masjid terbesar di Maroko dan salah satu masjid terbesar di dunia. Masjid ini dibuka untuk jamaah pada tahun 1993 di Casablanca, dengan kapasitas menampung hingga 105.000 jamaah.

Masjid ini memiliki menara tertinggi di dunia. Masjid Hassan II dibangun dari bahan baku asal Maroko. Menariknya, lantai di masjid ini terbuat dari kaca. Sehingga kita seolah-olah sedang shalat di atas lautan.

3. Masjid Kota Kinabalu, Malaysia

Arsitektur Masjid Kota Kinabalu dengan kubah biru dan keemasannya terinspirasi oleh Masjid Nabi di Madinah, Arab Saudi. Masjid terapung ini sebagian dikelilingi oleh laguna buatan.

Di mana pengunjung dapat naik perahu dayung untuk mengambil foto dan melihat lebih dekat objek wisata umum tersebut. Masjid ini terbuka untuk pengunjung pada tahun 2000, dengan kapasitas mampu menampung sekitar 12.000 jamaah.

4. Masjid Melaka Straits, Malaysia

Masjid ini terletak di sebuah pulau buatan manusia di dekat kota pantai Melaka Malaysia. Desain masjid merupakan gabungan seni khas Timur Tengah dan Melayu. Masjid itu terbuka untuk para jamaah dan pengunjung pada tahun 2006.

Masjid Melaka Straits dirancang sedemikian rupa sehingga ketika air pasang sedang tinggi, masjid terlihat seperti mengambang. Menakjubkan bukan!

5. Masjid Apung Tanjung Bungah, Malaysia

Masjid Apung Tanjung Bungah di Penang adalah masjid apung pertama yang dibangun di laut di Malaysia. Masjid ini adalah salah satu landmark terpenting di Penang dan cukup besar untuk menampung 1.500 jamaah.

6. Masjid Kristal, Malaysia 

Masjid Kristal, adalah salah satu masjid terbesar dan paling terkenal di Malaysia. Terletak di Pulau Wan Man dekat Kuala Terengganu. Masjid terbuka untuk umum pada tahun 2008, dengan kapasitas mampu menampung lebih dari 1.500 jamaah.

Bagian luar masjid ini sangat memukau, karena ditutupi dengan baja, kaca, dan kristal, Membuat masjid ini kelihatan elok dan berkilau menawan. Selain itu, menara-menaranya juga terbuat dari kristal murni.

7. Masjid Putra, Malaysia

Masjid granit merah muda ini menghadap ke danau buatan Putrajaya yang indah dan merupakan landmark yang paling khas di Negeri Jiran ini. Desain masjid adalah perpaduan arsitektur Islam Persia dan keahlian lokal Melayu. Masjid terbuka untuk jamaah pada tahun 1999 dan dapat menampung sekitar 15.000 orang.

8. Masjid Tengku Tengah Zaharah, Malaysia

Masjid mungil ini sangat popular. Terletak di Kuala Ibai Lagoon dekat Sungai Kuala Ibai. Ternyata, Masjid Tengku Tengah Zaharah ini merupakan masjid terapung pertama yang dibangun di Malaysia.

Masjid ini sudah dibuka untuk umum sejak 1995, dengan kapasitas mampu menampung sekitar 2.000 jamaah. Desainnya terinspirasi oleh arsitektur Moor. Kecantikan masjid ini akan semakin tampak ketika kita melihatnya saat matahari terbit atau tenggelam perlahan di ufuk barat.

9. Masjid As-Salam Puchong Perdana, Malaysia 

Masjid cantik ini menghadap ke perairan yang tenang, dengan arsitektur dan kubah emasnya yang unik. Bangunan ini memiliki kapasitas untuk menampung hingga 4.000 jamaah dan terbuka pada tahun 2006.

10. Masjid Ar-Rahma, Arab Saudi

Masjid Ar-Rahma dan Masjid Fatima Az-Zahra, adalah salah satu landmark yang paling populer di kota pesisir Saudi Jeddah. Menghadap ke Laut Merah. Masjid akan tampak mengambang ketika permukaan air tinggi. Ini adalah satu-satunya masjid yang mengapung di kerajaan, yang dibuka untuk jamaah pada tahun 1985.

(Vina – Sumber: Step Feed)

 

Baca Juga:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here