10 Manfaat Kurma Untuk Kesehatan Tulang Hingga Kulit Cantik

280
Kurma (Photo: Edwin B/ Muslim Obsession)

Muslim Obsession – Umat Muslim mungkin tidak asing lagi dengan buah kurma, apalagi di bulan suci Ramadhan ini. Selain menjadi buah yang disunahkan ketika berbuka puasa, kurma ternyata memiliki banyak manfaat.

Penting untuk dicatat bahwa buah kurma dilengkapi dengan banyak manfaat kesehatan. Kurma merupakan sumber yang baik dari berbagai vitamin dan mineral, energi, gula, dan serat. Kurma juga mengandung kalsium, zat besi, fosfor, kalium, magnesium dan seng.

Berikut 10 manfaat kurma, mulai dari meningkatkan kesehatan tulang hingga mempromosikan kulit cantik!

1. Menurunkan kolesterol

Tahukah Anda bahwa kurma bebas dari kolesterol, dan mengandung sangat sedikit lemak? Memasukkannya dalam jumlah yang lebih kecil dalam diet harian Anda dapat membantu menurunkan berat badan.

2. Kaya Protein

Kurma merupakan sumber protein yang kuat untuk membantu kita tetap bugar, dan bahkan menjaga otot kita tetap kuat. Banyak pengunjung gym diminta untuk makan beberapa kurma setiap hari sebagai bagian dari rutinitas harian mereka.

3. Kaya vitamin

Kurma mengandung vitamin seperti B1, B2, B3 dan B5, serta A1 dan C. Jika Anda memiliki beberapa kurma setiap hari, maka Anda tidak perlu lagi mengonsumsi suplemen vitamin. Tidak hanya bisa membuat Anda tetap sehat, akan ada perubahan yang nyata dalam tingkat energi tubuh. Karena kurma mengandung gula alami seperti glukosa, sukrosa, dan fruktosa juga. Jadi, kurma bekerja sangat baik sebagai cemilan cepat.

4. Meningkatkan kesehatan tulang

Kurma kaya akan selenium, mangan, tembaga, dan magnesium. Semua kandungan ini diperlukan untuk menjaga tulang kita tetap sehat, dan mencegah kondisi seperti osteoporosis.

5. Perkuat sistem saraf

Selain itu, kurma diisi dengan potasium, namun mengandung sedikit sodium, dan itu sangat membantu menjaga sistem saraf Anda agar tetap teratur. Selain membantu mengurangi kolesterol, kandungan kalium yang ada di dalam kurma mampu menjaga risiko stroke.

6. Kaya akan zat besi

Selain kandungan fluor yang membuat gigi Anda tetap sehat, kurma juga mengandung zat besi, yang sangat dianjurkan bagi mereka yang menderita kekurangan zat besi. Hal ini menjadikan kurma sangat bagus untuk membersihkan darah.

7. Melancarkan pencernaan

Jika Anda merendam beberapa kurma dalam air dan mengonsumsinya setiap hari, sistem pencernaan Anda akan sangat baik. Apalagi ini amat dianjurkan bagi mereka yang mengalami masalah sembelit.

8. Meningkatkan kesehatan kulit

Vitamin C dan D bermanfaat untuk menjaga elastisitas kulit, serta menjaga kulit Anda tetap halus. Jadi jika Anda memiliki masalah kulit, kurma sangat dianjurkan untuk dikonsumsi. Tidak hanya untuk kulit sehat, buah yang satu ini juga bisa mencegah penuaan dini. Serta mencegah akumulasi melanin dalam tubuh Anda.

9. Menyembuhkan kondisi di saat mabuk perjalanan

Meskipun belum ada penelitian yang mengatakan bahwa kurma mampu mengobati mabuk perjalanan, tapi diakui kalau kurma memiliki khasiat yang sangat baik untuk mengendalikan inebriation atau gejala mabuk.

10. Menjaga berat badan normal

Selain dinilai mampu menurunkan berat badan, sebaliknya, kurma juga bisa meningkatkan berat badan juga. Karena gula, protein, dan vitamin lain dalam buah tersebut bisa membantu Anda untuk menambah berat badan, ketika dimakan dengan mentimun. Jika dikonsumsi dengan teratur, kedua buah ini juga akan membantu menjaga berat badan Anda pada tingkat normal.

(Vina: Sumber: Food NDTV)

Baca juga:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here