Yusuf Mansur pun Pakai FaceApp, Bagaimana Hukum Edit Foto jadi Tua?

276
FaceApp Yusuf Mansur

Jakarta, Muslim Obsession – Aplikasi FaceApp kini sedang menjamur di media sosial. Mulai dari anak-anak, selebritis bahkan hingga Ustadz Yusuf Mansur pun turut mengikuti Age Challenge di Instagram yang dia unggah belum lama ini.

Dalam caption pada foto tersebut, Ustadz Yusuf Mansur berseloroh, “Koq malah kayak Jackie Chan? Hahhaha.”

Lantas, bagaimana hukum mengedit foto menurut Islam? Begini penjelasan dari Ustadz Khalid Basalamah dalam sebuah video ceramahnya di Youtube.

“Kalau itu sesuatu yang nyata, yang sifatnya tidak ada manipulasi di situ, tidak masalah. Atau membersihkan sesuatu yang kotor diperlihatkan agar menjadi bersih, sesuatu itu tidak jadi masalah,” jelas Ustadz Khalid.

Baca Juga:

Saudi Larang Warganya Pakai Aplikasi FaceApp, Karena…

Karena yang kita bicarakan ini, menurut Ustadz Khalid bukan pada masalah gambarnya, tapi lebih kepada patung, ya walaupun lukisan, orang yang mengukirnya, kayak tadi karikatur lebih baik dihindari.

Sedangkan menurut Syaikh Utsman Al-khamis dan Syaikh Abdullah dari Turki, di Youtube hukum mengedit foto adalah haram.

“Tidak boleh mengubah gambar. Contoh memperbesar atau memperkecil hidung, mulut, pipi dan seterusnya. Atau menghilangkan sesuatu dari foto aslinya semuanya tidak boleh. Apa saja yang diubah maka semuanya tidak boleh,” terang Syaikh Utsman Al-Khamis.

Demikian juga menurut Syaikh Abdullah, mengubah ciptaan Allah baik itu melalui aplikasi, hukumnya tidak boleh, apalagi sampai dibagikan ke publik. Nasihat tersebut kata Syaikh Abdullah yakni dikhususkan untuk Muslim. (Vina)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here