Yuk Berjemur! Kurang Vitamin D Rentan Terkena Diabetes, Lho!

101

Muslim Obsession – Pentingnya vitamin D bagi kesehatan kita telah lama dibahas oleh banyak ahli.

“Vitamin D sangat bermanfaat bagi tubuh, dan kekurangan vitamin D dapat menyebabkan berbagai penyakit, termasuk hipertensi dan diabetes,” kata seorang pakar kesehatan senior, dilansir Daily Sabah, Kamis (19/8/2021).

Sementara vitamin D dapat diperoleh dari berjemur yang sehat, paparan sinar matahari horizontal merusak produksi vitamin D, demikian dikatakan Dr. Sedat stündağ, dekan Fakultas Ilmu Kesehatan di Universitas Trakya di provinsi barat laut Edirne.

Stündağ mengatakan kepada Anadolu Agency (AA) bahwa Turki memiliki keuntungan dalam hal berjemur yang sehat karena lokasi geografisnya.

Namun, ia memperingatkan bahwa paparan sinar matahari horizontal mengganggu pembentukan vitamin D, dan berjemur tanpa pelindung dapat meningkatkan risiko kanker kulit.

Ia menambahkan, vitamin D terbentuk ketika pembuluh darah di lengan terkena sinar ultraviolet-B dari sinar matahari.

“Vitamin D hanya terbentuk dengan adanya sinar matahari serta kesehatan hati dan ginjal,” ucapnya.

Sambil menekankan bahwa jam-jam yang padat sinar ultraviolet-B cocok untuk berjemur, Ustundag juga mengingatkan bahwa berjemur tanpa pelindung itu merugikan tubuh.

Ia menyarankan penting untuk menghitung jam sinar UV-B di suatu tempat, yang dapat dengan mudah dilakukan dengan menggunakan situs web tertentu secara online.

BAGIKAN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here