Wamenag Imbau Tokoh Agama Tak Sampaikan Pesan Kontroversi Terkait Corona

219
Wakil Ketua Umum MUI, Zainut Tauhid Sa'adi. Foto istimewa.
Wamenag Zainut Tauhid Sa'adi.

Jakarta, Muslim Obsession – Dalam rangka penanggulangan wabah virus corona, Wamenag RI Zainut Tauhid Sa’adi mengimbau kepada pimpinan ormas keagamaan dan tokoh agama untuk ikut aktif membantu memberikan penerangan kepada masyarakat.

Caranya yakni dengan menyampaikan pesan-pesan yang mendidik, mencerahkan dan dapat menenangkan kondisi masyarakat.

Sebaiknya menghindari menyampaikan pesan yang dapat menimbulkan kontroversi, membingungkan dan membuat kepanikan di masyarakat.

“Dalam menghadapi situasi seperti ini, dibutuhkan adanya kerjasama semua pihak untuk bisa memberikan solusi bukan menghakimi dan saling menyalahkan,” kata Zainut melalui siaran pers, Kamis (5/3/2020).

Peranan tokoh agama sangat penting karena sebagai panutan, sehingga setiap ucapannya akan menjadi rujukan dan diikuti oleh pengikutnya.

Untuk hal tersebut harus hati-hati, bijaksana dan mempertimbangkan banyak hal, tidak semata hanya berdasarkan benar-salah dan halal-haram, tetapi juga harus mempertimbangkan perasaan publik dan kondisi faktual yang sekarang sedang dihadapi masyarakat.

Sehingga masyarakat mendapat bimbingan dan petunjuk dalam menghadapi masalahnya.

“Tokoh agama harus dapat memerankan diri sebagai pembimbing dan pelindung umat, agar umat merasa tenang dan memiliki optimisme dalam menghadapi masalahnya,” pungkasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here