Waktu yang Tepat untuk Shalat Hajat, Niat dan Bacaannya

415

Jakarta, Muslim Obsession – Bagi yang merasa punya hajat dan berharap Allah bisa memudahkan jalan dan mengambulkan keinginan hambanya, maka diperintahkan untuk melaksanakan shalat hajat.

Shalat Hajat adalah shalat sunah dua rakaat, dan bisa dikerjakan kapan saja, namun menurut Ustadz Abdul Somad atau UAS shalat hajat lebih baik dilaksanakan pada sepertiga malam setelah atau sebelum shalat tahajud.

“Shalat hajat itu kata Nabi, (maksudnya) adalah sebaik-baik doa adalah didahului shalat dua rakaat. Shalat dua rakaat dulu baru minta hajat, baca niat ushalli sunah hajat (niatkan hajatnya),” kata UAS dikutip dari ceramahnya yang diunggah diakun YouTubenya, Senin (29/6/2020).

“Setelah shalat dua rakaat, baru mohon kepada Allah. Jadi setelah shalat tahajud, kemudian berdoa maka otomatis sama shalat hajat.”

“Tapi paling bagus itu kalau di waktu malam, shalat sunah tahajud, shalat hajat ditutup witir, itu yang paling bagus,” jelas UAS.

Sementara bacaan doa shalat hajat adalah Al Fatihah dan surat pendek. “Bacaannya, bacalah (surat pendek) apa yang mudah bagimu dari Al-Quran,” tambah UAS.

Adapun niat shalat hajat, yakni Ushalli Sunnatal Haajati Rok’ataini Lillahi Taala, Artinya : Aku niat shalat sunat hajat dua raka’at karena Allah ta’alaa.

Kapan waktu tepat membaca doa saat shalat hajat?

UAS menjelaskan, Berdasarkan hadits riwayat Muslim, orang yang paling dekat dengan Allah SWT adalah waktu sujud, sujud terakhir Shalat Hajat, sujud terakhir shalat tahajud, sujud terakhir shalat witir. Mintalah sebanyak-banyaknya di sujud itu.

“Tapi tidak boleh pakai bahasa Indonesia, kalau diucapkan di shalat, batal shalatnya. Maka dalam hati saja,” jelas UAS.

“Berapa lama sujudnya? Waktu nabi sedang sujud terakhir (dalam shalat) dicubit Aisyah, setelah shalat Nabi tanya ada apa. Kata Aisyah, ‘kusangka engkau sudah sakaratul maut’, maka berlama-lama lah sujud, itu waktu pertama. Yang kedua, setelah tasahud (tahiyat akhir dalam shalat).” (Albar)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here