Waduh! Negara Muslim Miliki Paspor Terlemah di Dunia

50

Muslim Obsession – Menurut indeks paspor baru, delapan dari sepuluh paspor terlemah di dunia adalah milik negara-negara Muslim.

Indeks Paspor memeringkat 193 negara anggota Perserikatan Bangsa-Bangsa berdasarkan pada berapa banyak negara yang diberikan akses bebas visa, atau mengizinkan pengunjung untuk mendapatkan visa pada saat kedatangan.

Irak berada di urutan terbawah daftar dengan perjalanan bebas visa hanya ke empat negara, visa on arrival di 27 negara lainnya dan visa yang diperlukan di 167 negara.

Juga di sepuluh paspor terbawah adalah Afghanistan, Suriah, Somalia, Yaman, Iran, Palestina dan Pakistan.

UEA adalah pemilik paspor Muslim peringkat teratas di tempat ke-44. Mereka memiliki perjalanan bebas visa ke 55 negara.

Selandia Baru, dilansir 5pillarsuk, Jumat (9/10/2020) mengamankan posisi teratas dengan perjalanan bebas visa ke 86 negara, diikuti oleh Jerman, Austria, Luksemburg, Swiss, Irlandia, Korea Selatan, Jepang dan Australia.

Indeks Paspor mengatakan bahwa pandemi virus korona berdampak buruk pada perjalanan.

“Meskipun volatilitas yang tinggi dari kekuatan paspor sepanjang tahun lalu, Indeks Paspor telah memperbarui peringkat paspor secara real time, menunjukkan efek sebenarnya dari pandemi pada peringkat paspor,” kata situs webnya.

Datanya jelas, dengan larangan perjalanan sementara dan pembatasan visa, banyak negara yang dulunya memiliki paspor yang kuat, kini berada di antara yang terendah di dunia.

Melalui lensa lain, Indeks Paspor menunjukkan pengaruh yang jelas dari pandemi dengan Skor Keterbukaan Dunia (WOS), patokan perjalanan terbuka antar negara.

Sejak didirikan pada 2015, WOS terus meningkat pada tingkat rata-rata 6 persen per tahun, mencapai keterbukaan dunia sepanjang masa sebesar 54 persen pada Desember 2019.

Setelah pandemi melanda – meskipun perjanjian visa aktif tidak diubah, larangan masuk sementara dan penutupan perbatasan secara mengejutkan menurun di WOS, turun 65 persen dalam beberapa minggu.

 

BAGIKAN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here