‘Visit My Mosque Day’ Tembus 200 Lebih Masjid di Inggris

424
Visit My Mosque Day 2018

Manchester, Muslim Obsession – Lebih dari 200 masjid di Inggris terdaftar dalam acara Nasional Visit My Mosque Day pada Ahad (18/2/2018) waktu setempat. Tema acara tersebut adalah Open Doors, Open Mosques, Open Communities.

Visit My Mosque Day dimulai dengan sekitar 20 masjid yang berpartisipasi pada tahun 2015. Lalu, meningkat menjadi 80 dan 150 masjid di tahun-tahun berikutnya. Sekarang, di tahun 2018 lebih dari 200 masjid ikut berpartisipasi.

Salah satunya adalah Masjid yang berada di Oldham, Manchester. Masjid tersebut dipenuhi ratusan orang dari berbagai agama. Kegiatan ini dinilai memicu ketertarikan masyarakat untuk belajar Islam.

Acara ini diselenggarakan oleh European Islamic Center (EIC) Oldham dan Dewan Muslim Inggris (MCB). EIC mengadakan acara khusus untuk diskusi mengenai Islam, budaya Islam dan hubungannya dengan komunitas lain.

Moulana Mohammed Iqbal, kepala EIC, mengatakan kepada para pengunjung, tujuan dari Open Mosques adalah menghapus mitos buruk mengenai Islam.

“Acara ini penting untuk memperkenalkan Islam kepada masyarakat. Karena, tidak sedikit dari mereka mengaitkannya dengan terorisme. Maka, ide dari acara ini adalah untuk ‘datang dan lihat sendiri’,” tutur Iqbal.

Seperti dilansir The News Senin (19/2/2018), Iqbal menilai acara Nasional Visit My Mosque Day 2018 sukses fantastis. Karena, banyak orang mengaku puas dengan acara tersebut.

Sementara itu, Visit My Mosque merilis sebuah survei yang mengatakan, sebanyak 90 persen warga Inggris mengaku, belum pernah masuk ke dalam masjid. Hampir 70 persen lainnya tidak pernah melihat tempat ibadah agama lain.

Acara Nasional tersebut rutin dilaksanakan tanggal 18 Februari setiap tahunnya. Tahun ini adalah tahun keempat, di mana masjid yang berpartisipasi bertambah banyak dari tahun sebelumnya. Pendeta Dr Toby Howarth, Uskup Bradford, adalah salah satu non Muslim yang ikut berpartisipasi dan mendukung Visit My Mosque.

“Melintasi pintu tempat ibadah yang berbeda, bisa menjadi langkah penting dalam belajar dan mengenal tetangga kita. Sebagai uskup dan sebagai wali amanat Forum Muslim Kristen, saya sangat menyambut baik prakarsa Visit My Mosque Day. Saya berencana untuk mengunjungi masjid di Bradford, dengan anggota rohaniawan dan jamaah setempat. Dengan hangat, saya mendorong orang lain untuk melakukan hal yang sama di tempat mereka berada,” tutur pendeta Toby.

Visit My Mosque adalah proyek MCB. Yaitu, badan payung Muslim terbesar di Inggris dengan lebih dari 500 masjid afiliasi, asosiasi pendidikan dan badan amal. Proyek tahun ini juga didukung oleh Yayasan Zakat Nasional.

MCB baru-baru ini juga meluncurkan “Better Mosques: A Community Consultation”, sebuah konsultasi nasional di mana setiap orang dapat menyampaikan gagasan mereka agar masjid dapat menjadi lebih baik di Inggris saat ini.

Banyak masjid di Inggris yang usianya sudah bertahun-tahun bahkan puluhan tahun. Visit My Mosque hanyalah sebuah inisiatif di mana masjid secara nasional dibuka bebas dengan serangkaian kegiatan pengenalan tentang Islam. (Vina)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here