Visit My Mosque Day Jadi Tren Bagi Muslim Eropa

509
Masjid London (Foto: Istimewa)

Jakarta, Muslim Obsession – Visit My Mosque Day kini menjadi tren bagi Muslim di Eropa, Amerika dan Inggris.

Hari berkunjung ke masjid ini merupakan bentuk kampanye mensejahterakan Masjid di Negara yang keyakinan Muslim menjadi Minoritas.

Seperti dilansir Shropshire Star, masjid merupakan tempat Ibadah yang juga dapat dijadikan sebagai pusat perdamaian. Dan sudah semestinya Masjid juga terbuka tidak hanya untuk umat Islam, tetapi juga komunitas-komunitas lain.

Masjid Noor House berada di Shropshire Telford, Inggris Raya menjadi salah satu tempat yang dijadikan sebagai agenda Visit My Mosque Day. Agenda tersebut akan dihelat pada 3 maret 2019 mendatang, namun, persiapannya sudah berlangsung sejak saat ini oleh partisipan.

Salah seorang partisipan Masjid Moor House, Sohayb menyatakan kegiatan Visit My Mosque Day akan menjadi kesempatan bagi seluruh warga setempat, baik Muslim maupun non-Muslim, untuk memahami keseharian di masjid.

“Kami ingin orang-orang merasa itu adalah masjid mereka. Anda mungkin tidak beribadah di sana, tetapi itu adalah masjid Anda,” kata Sohayb, Rabu (13/2/2019).

Ia menyatakan, banyak di antara jamaah Masjid Noor House yang berasal dari wilayah-wilayah yang cukup jauh. Namun, di sanalah mereka aktif dan merasa bersatu sebagai komunitas.

“Jamaah ini sangat banyak dan dari wilayah yang berjauhan. Kami ingin mereka merasa Masjid ini adalah tempat mereka. Kami melayani sebagian besar Shropshire Hills. Kami memiliki anggota komunitas kami yang berasal dari Church Stretton, Ludlow, Knighton, Clee Hill, Cleobury Mortimer dan Hereford, karena tidak ada masjid di Hereford,” ujarnya.

Sementara itu, Umar Hussain, Ulama Masjid Noor House menyatakan mendukung dalam partisipasi Masjid Noor House di kegiatan Visit My Mosque Day. Dia berharap, kesalahpahaman yang selama ini mungkin beredar di tengah masyarakat tentang Islam dapat diluruskan.

“Gagasan utama di balik Visit My Mosque Day adalah untuk mendobrak hambatan dan memberi orang wawasan tentang apa yang terjadi,” pungkasnya. (Bal)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here