Virus Corona Menyebar, Kepala BNPB Ingatkan Takmir Masjid

390
Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Doni Monardo. (Foto: istimewa)

Jakarta, Muslim Obsession – Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Doni Monardo mengaku prihatin dengan merebaknya virus Corona di Indonesia.

Ia pun meminta agar seluruh tempat umum yang banyak didatangi masyarakat rutin dibersihkan dan disemprot disinfektan untuk mencegah penyebaran virus tersebut.

“Mulai melakukan pembersihan di wilayah-wilayah yang menjadi tempat publik antara lain stasiun kereta api, bandara, pelabuhan, mal, termasuk juga tempat ibadah,” ucap Doni di Stasiun Gambir, Jakarta Pusat, Kamis (12/3/2020).

Salah satu lokasi yang menurutnya rawan penularan adalah tempat ibadah, seperti masjid. Ia mengingatkan agar pihak pengelola masjid untuk waspada dan sementara menyimpan karpet yang bisa digunakan untuk shalat.

“Termasuk juga khususnya masjid. Karena masjid sebagian besar ini dilapisi karpet. Ada kalanya karpet-karpet yang tersedia itu usianya sudah cukup lama. Oleh karenanya kita mengajak pengelola masjid, takmir masjid, untuk bisa sementara menggulung karpet-karpet itu dan disimpan dulu,” kata Doni.

Doni juga akan membuat edaran dan imbauan kepada seluruh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) di seluruh Indonesia untuk memastikan para pengelola tempat hiburan hingga mal mencegah tempatnya dari virus corona.

Saat ini terdapat 34 kasus corona di Indonesia. Tiga dari 34 pasien tersebut dinyatakan sembuh. Satu orang dinyatakan meninggal dunia yakni kasus 25.

Sementara masih ada dua pasien yang hasi uji lab sudah menunjukkan negatif corona. Namun, pasien 03 dan pasien 10 ini masih harus menunggu hasil uji lab kedua. Jika masih negatif, maka bisa dipulangkan. (Fath)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here