Ustadz Adi Hidayat Jabarkan Cara Mudah Menghafal Al-Quran

119
Ustadz Adi Hidayat (UAH).

Jakarta, Muslim Obsession – Al-Quran adalah kitab Allah yang sejatinya mudah dipelajari dan dihafal. Banyak orang yang sudah mampu menghafal Al-Quran. Bahkan sampai khatam 30 juz. Menghafal Al-Quran tentu ada beragam metode yang bisa dipakai.

Tokoh ulama muda, Ustadz Adi Hidayat, memberikan beberapa metode agar dapat menghafal Al-Quran dengan mudah dengan jangka waktu yang relatif singkat. Untuk menjadi penghafal Al-Quran seseorang terlebih dulu harus meluruskan niat.

“Menghafalkan Al-Quran semata-mata karena Allah SWT. Allah nanti akan memberikan kemudahan disetiap kesulitan yang dihadapi saat menghafal Al-Quran,” ujar Ustadz Adi dalam sebuah kajiannya.

Selain itu, kata Ustadz Adi ada baiknya bagi seseorang yang hendak menghafal Al-Quran untuk menghadirkan dan menanamkan hal yang memotivasi. Sebagai contoh, hafalan itu bisa bermanfaat bagi umat dan membanggakan orang tua.

Selama dalam masa menghafal, para penghafal Al-Quran harus dengan sekuat tenaga berupaya meingkatkan ketakwaannya dengan memperbanyak amal ibadah seperti sedekah dan menjalankan sunnah. Berikutnya, memanjatkan doa baik sebelum dan sesudah menghafal.

Doa yang dipanjatkan yakni agar Allah SWT memberikan kemudahan dalam menghafal dan menjaga ingatan dari setiap ayat yang dihafalkan. “Jauhi dan hindari maksiat,” tuturnya.

Selanjutnya yakni mencari guru. Hal ini penting agar seorang penghafal dapat dengan benar melafalkan setiap bacaan yang telah dihafalkannya.

Langkah terakhir yakni meluang kan waktu dan memahami metode hafalan. Seorang penghafal Al-Quran dinilai harus menentukan target waktu untuk bisa menghafalkan Al-Quran. (Albar)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here