Usia Tidak Pengaruhi Kemampuan Menurunkan Berat Badan

219
Cara menjaga kesehatan jantung bagi lansia

Muslim Obsession – Bertentangan dengan apa yang diyakini banyak orang, sebuah penelitian menemukan bahwa manajemen berat badan tidak lebih sulit untuk orang dewasa yang lebih tua.

Sementara orang sering berasumsi bahwa menurunkan berat badan lebih sulit di kemudian hari, sebuah penelitian baru menyimpulkan bahwa tidak demikian halnya.

Penelitian ini, dilansir Medical News Today, Selasa (8/12/2020) menawarkan dorongan untuk orang dewasa yang lebih tua yang berharap untuk mendapatkan manfaat kesehatan dari menjaga berat badan yang sehat.

Dalam program obesitas yang dilakukan di sebuah rumah sakit di Inggris, penurunan berat badan tidak dipengaruhi oleh usia, dengan hasil yang secara statistik setara untuk orang yang lebih muda dan lebih tua dari 60 tahun.

Penulis studi senior Dr. Thomas Barber, pimpinan ilmiah Unit Penelitian Metabolisme Manusia di Fakultas Kedokteran Warwick, di Inggris, menjelaskan bahwa bagi orang-orang yang kesehatannya akan mendapat manfaat dari penurunan berat badan.

“Penurunan berat badan penting pada usia berapa pun, tetapi seiring bertambahnya usia, kita lebih mungkin mengembangkan komorbiditas terkait berat badan dari obesitas. Banyak di antaranya mirip dengan efek penuaan, jadi Anda dapat berargumen bahwa relevansi penurunan berat badan menjadi semakin tinggi seiring bertambahnya usia, dan ini adalah sesuatu yang harus kita terima,” ungkapnya.

Penulis penelitian menulis bahwa penurunan berat badan dapat membantu orang tua mengatasi lebih dari 50 penyakit penyerta yang umum terjadi pada usia, termasuk diabetes, osteoartritis, dan gangguan mood seperti kecemasan dan depresi.

Peningkatan angka kematian dan kurangnya kesejahteraan pada orang dewasa yang lebih tua juga berhubungan dengan obesitas.

“Ada sejumlah alasan mengapa orang mungkin mengurangi penurunan berat badan pada orang tua,” kata Dr. Barber. “Ini termasuk perspektif ‘usia’ bahwa penurunan berat badan tidak relevan untuk orang tua dan kesalahpahaman tentang berkurangnya kemampuan orang tua untuk menurunkan berat badan melalui modifikasi pola makan dan peningkatan olahraga.”

Studi ini memberikan bukti bahwa program penurunan berat badan yang dikelola oleh para profesional medis, khususnya, memiliki nilai.

“Orang tua mungkin merasa bahwa layanan obesitas berbasis rumah sakit bukan untuk mereka,” Dr. Barber mengakui.

Meskipun demikian, ia menyarankan, “Penyedia layanan dan pembuat kebijakan harus menghargai pentingnya penurunan berat badan pada lansia dengan obesitas untuk pemeliharaan kesehatan dan kesejahteraan serta memfasilitasi penuaan yang sehat.”

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here