Ulang Tahun ke-971 Omar Khayyam Diperingati Google, Siapa Dia?

365
Omar Khayyam

Muslim Obsession – Akhir pekan lalu, 18 Mei 2019 Google memperingati kelahiran Omar Khayyam lewat sebuah doodle. Pria kelahiran tahun 1048 di Nishapur, Iran timur laut itu wafat pada Desember 1131.

Siapakah Omar Khayyam?

Dia adalah ahli matematika Muslim, astronom, dan penyair Persia. Ia menghabiskan sebagian besar hidupnya di dekat istana penguasa Karakhanid dan Seljuq pada periode yang menyaksikan Perang Salib Pertama.

Sebagai ahli matematika, ia paling terkenal karena karyanya tentang klasifikasi dan solusi persamaan kubik, di mana ia memberikan solusi geometris dengan persimpangan kerucut. Khayyam juga berkontribusi pada pemahaman tentang aksioma paralel.

Sebagai seorang astronom, ia merancang kalender Jalali, kalender matahari dengan siklus interkalasi 33 tahun yang sangat tepat. Ada tradisi mengaitkan puisi dengan Omar Khayyam, ditulis dalam bentuk quatrains (rubāʿiyāt رباعیات).

Puisi ini kemudian dikenal luas oleh dunia berbahasa Inggris dalam terjemahan oleh Edward FitzGerald (Rubaiyat dari Omar Khayyam, 1859), yang menikmati sukses besar dalam Orientalisme sirip de siècle.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here