Turki Undang Para Pemimpin Dunia Ikut Shalat Pertama di Hagia Sophia

238
Pemerintah Turki menetapkan Hagia Sophia di Istanbul saat ini statusnya adalah sebuah masjid. (Foto: AFP)

Istanbul, Muslim Obsession – Sekitar 1.000 hingga 1.500 orang diperkirakan akan hadir dalam Shalat Jumat pertama kali di Masjid Hagia Sophia pada 24 Juni 2020. Kepala Direktorat Urusan Agama Turki (Diyanet) Ali Erba akan memimpin pelaksanaan shalat Jumat itu.

Dilansir di Hurriyet Daily News, Kamis (23/7/2020) tak lupa, pemerintah Turki juga turut mengundang para pemimpin dunia untuk menghadiri upacara pembukaan. Sejumlah presiden dari berbagai negara seperti Azerbaijan dan Qatar juga akan hadir dalam shalat Jumat tersebut.

Shalat Jumat akan digelar sesuai kebijakan pencegahan virus corona dengan para jamaah memakai masker, mencuci tangan dan sajadah akan dibagikan pada seluruh jamaah.

Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan sebelumnya telah mengunjungi Hagia Sophia pada 19 Juli sebelum shalat pertama kembali digelar di sana. Erdogan mengawasi langsung proses perubahan status bangunan itu dari museum menjadi masjid.

Selama proses perubahan itu, Mosaik dan lukisan dinding di Hagia Sophia akan ditutupi tirai selamat shalat. Mosaik Theokos setinggi 6,5 meter dan Gabriel setinggi 7,5 meter yang terliaht dari lantai bawah, akan dibuka dan ditutup dengan tirai. (Albar)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here