Tukul Arwana Alami Pendarahan Otak, Ini Gejalanya

181
Tukul Arwana. (Foto: ANTARA)

Jakarta, Muslim Obsession – Komedian Tukul Arwana dikabarkan mengalami pendarahan otak dan harus dirawat di RS PON Jakarta. Akun instagram Tukul hingga hari ini banyak berisi ucapan doa bagi kesembuhannya.

Lalu apa pendarahan otak itu?

Seperti dilansir dari halodoc.com, pendarahan otak adalah pendarahan yang terjadi dalam jaringan otak. Pendarahan ini bisa terjadi secara tiba-tiba, terutama pada pengidap stroke hemoragik atau adanya trauma otak.

Pendarahan otak yang bisa disebabkan oleh kejadian non-trauma, misalnya pecahnya pembuluh darah akibat tekanan darah tinggi (hipertensi), kelemahan struktur dinding pembuluh darah, dan amiloidosis.

Gejala pendarahan otak yang muncul tergantung pada lokasi terjadinya. Misalnya, pendarahan pada bagian otak yang berkaitan dengan penglihatan akan mengalami gangguan penglihatan.

Pendarahan yang terjadi pada pusat bicara di otak menyebabkan gangguan berbicara, dan pendarahan yang terjadi pada bagian bawah atau batang otak menyebabkan gangguan dalam merespons.

Namun secara umum, pengidap pendarahan otak mengalami sakit kepala parah, mual, muntah, kelumpuhan pada satu bagian tubuh, kejang tiba-tiba, mati rasa, gangguan koordinasi dan keseimbangan, serta adanya pendarahan dari telinga. (rud)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here