Trump Tandatangani Deklarasi Perlindungan Kebebasan Beragama di AS

143
Donald Trump

Washington DC, Muslim Obsession -Presiden Amerika Serikat Donald Trump telah menandatangani perintah eksekutif tentang deklrasi yang isinya mengenai perlindungan kebebasan beragama sebagai prioritas kebijakan di dalam mau pun di luar negeri.

Dilansir Newsweek, Trump diam-diam telah menandatangani perintah eksekutif yang mengutamakan kebebasan beragama internasional pada Selasa (2/6/2020) saat kerusuhan terjadi hampir di seluruh wilayah negara bagian AS buntut kematian George Floyd.

Perintah eksekutif itu mendedikasikan 50 juta dollar AS untuk departemen negara bagian dan badan pengembangan internasional (USAID) untuk menggalang dana program yang mempromosikan dan membela kebebasan beragama secara menyeluruh.

Perintah itu juga meminta para diplomat untuk bekerja lebih keras menggandeng mitra negara-negara mereka untuk menjumlah kasus diskriminasi terhadap isu agama.

“Kebebasan beragama, (merupakan) kebebasan pertama Amerika merupakan moral dan dan keamanan nasional yang penting,” demikian pernyataan perintah eksekutif itu.

“Kebebasan beragama untuk seluruh manusia di dunia merupakan prioritas kebijakan luar negeri dari AS dan AS akan menghormati dan dengan menggebu mempromosikan kebebasan ini.”

Meski begitu, presiden Trump tidak muncul baik di peringatan publik mana pun untuk prosesi penandatanganan, yang sebagaimana dilansir The Hill, diselenggarakan setelah Presiden dan Ibu Negara Melania Trump mengunjungi St. John Paul II di Washington DC pada Selasa siang.

Dalam sebuah kicauannya di Twitter, Melania Trump merayakan perintah eksekutif itu dengan menandainya pada 41 tahun peringatan ziarah Paus John Paul II ke Polandia.

Wakil presiden AS, Mike Pence juga memberi dukungan dalam kicauannya di Twitter terkait perintah eksekutif itu.

Dia menulis bahwa, “Bangga dengan (Trump) hari ini karena dia membuat tindakan yang sangat menentukan untuk mempromosikan kebebasan beragama di seluruh dunia.” (Albar)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here