Tolak Atlet Israel, Bendera Malaysia Berkibar di Stadion Gaza

2213
Bendera Malaysia berkibar di Stadion Gaza (Foto: FMT)

Jakarta, Muslim Obsession – Pasca penolakan terhadap atlet Israel, Malaysia mendapat pujian dari Palestina. Sejumlah warga Gaza kemudian mengibarkan Bendera Malaysia sebagai bentuk apresiasi mereka.

Di Stadion Yarmouk, salah satu stadion tertua di Kota Gaza, fans sepak bola Palestina merayakan sikap Malaysia tersebut.

Di sebelah bendera, ada spanduk yang menyatakan dukungan untuk Perdana Menteri Dr Mahathir Mohamad dan menteri lainnya untuk pendirian mereka melawan Israel.

“Terima kasih Malaysia karena menentang normalisasi (hubungan) dengan ‘Israel’,” bunyinya, seperti dilansir Free Malaysia Today, Selasa (22/1/2019).

Pada Ahad pekan lalu, penggemar sepak bola terus merayakan dengan memasang bendera Malaysia dan spanduk yang sama di Stadion Palestina, rumah tim sepak bola nasional Palestina yang dibom oleh Israel pada tahun 2006.

“Bendera dan spanduk di lapangan sepak bola adalah bentuk dukungan untuk Malaysia, bahwa betapa bahagianya rakyat Palestina,” kata Ketua Organisasi Kebudayaan Palestina Malaysia Muslim Imran.

Imran mengungkapkan bahwa orang-orang Palestina merespon cepat di media sosial dengan menyuarakan tagar #SupportMalaysia, seperti di Facebook, Twitter dan Instagram.

Sebelumnya, Putrajaya mengumumkan bahwa mereka akan melarang atlet Israel untuk berlaga di Kejuaraan Renang Para Dunia 2019 yang akan diadakan di Kuching, Sarawak, dari 29 Juli hingga 4 Agustus.

Tidak hanya itu, Menteri Luar Negeri Saifuddin Abdullah juga menegaskan bahwa Malaysia telah memberlakukan larangan total terhadap semua warga Israel yang berpartisipasi dalam acara yang diselenggarakan di negara tersebut.

Berbicara kepada Uni Oxford di Inggris pada hari Sabtu, Mahathir juga menegaskan kembali sikap pemerintah terhadap para atlet Israel.

Sementara itu, Juru bicara kementerian luar negeri Israel Emmanuel Nahshon mengutuk larangan itu, dengan menyebut keputusan tersebut diilhami oleh “fanatik Semitisme” Mahathir. (Vina)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here