Tiga Ujian dari Allah dan Solusi Menghadapinya

17575
Ustadz Adi Hidayat
Ustadz Adi Hidayat

Muslim Obsession – Allah subhanahu wa ta’ala memiliki cara untuk menaikkan derajat atau kedudukan seorang hamba di hadapan-Nya. Cara itu berupa ujian yang akan ditimpakan sesuai dengan kadar keimanan kepada-Nya.

Ustadz Adi Hidayat, Lc., MA menjelaskan bahwa ada tiga jenis ujian yang diberikan Allah subhanahu wa ta’ala dalam kehidupan manusia.

“Kalau Antum sedang dibimbing oleh Allah menuju kedudukan yang tinggi, maka sadarlah teman-teman pada saat yang bersamaan Antum tidak akan sunyi dari rintangan-rintangan sekitar,” kata Ustadz Adi mengawali bahasannya, seperti ditayangkan dalam sebuah video yang diunggah di YouTube.

Menurutnya, semakin tinggi kedudukan seorang hamba maka semakin tinggi pula ujian yang akan menimpanya.

Allah subhanahu wa ta’ala berfirman dalam QS. Al-Baqarah ayat 214 yang artinya, “Apakah kamu mengira bahwa kamu akan masuk surga, padahal belum datang kepadamu (cobaan) sebagaimana halnya orang-orang terdahulu sebelum kamu? Mereka ditimpa oleh malapetaka dan kesengsaraan, serta digoncangkan (dengan bermacam-macam cobaan) sehingga berkatalah Rasul dan orang-orang yang beriman bersamanya: “Bilakah datangnya pertolongan Allah?” Ingatlah, sesungguhnya pertolongan Allah itu amat dekat.”

Berdasarkan ayat ini, jelas Ustadz Adi, ada tiga bentuk ujian yang Allah turunkan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here