Tiga Masjid Menawan di Sepanjang Selat Bosporus Bikin Takjub

102
Masjid Ortaköy (Foto: Daily Sabah)

Muslim Obsession – Tiga masjid yang spektakuler di sepanjang Bosporus menjadi pemandangan menakjubkan.

Bosporus (bahasa Yunani: Βόσπορος) adalah sebuah selat yang memisahkan Turki bagian Eropa dan bagian Asia, menghubungkan Laut Marmara dengan Laut Hitam.

Selat ini memiliki panjang 30 km, dengan lebar maksimum 3.700 meter pada bagian utara, dan minimum 750 meter antara Anadoluhisarı dan Rumelihisarı. Kedalamannya bervariasi antara 36 sampai 124 meter.

Tepian selat ini berpenduduk padat, salah satu kotanya adalah Istanbul. Ada dua jembatan yang menyebrangi Selat Bosporus, yang pertama adalah Jembatan Bosporus memiliki panjang 1.074 meter dan diselesaikan pada 1973.

Yang kedua, Jembatan Fatih Sultan Mehmet dengan panjang 1.090 meter dan diselesaikan pada 1988 sekitar 5 km sebelah utara jembatan pertama.

Masjid Ortaköy

Masjid Ortaköy dibangun oleh Sultan Abdulmecid pada 1853. Arsitek masjid adalah Nikogos Balyan.

Masjid Şemsi Pasha

Dikutip dari Daily Sabah, masjid ini terletak di distrik Üsküdar Istanbul. Dibangun oleh Wazir Agung Şemsi Ahmet Pasha pada 1580, karya ini adalah kompleks terkecil yang dibangun oleh Mimar Sinan.

Masjid Dolmabahçe

Terletak di titik awal Bosporus yang menghubungkan Marmara dengan Laut Hitam antara Istana Dolmabahçe dan pantai Kabataş di distrik Beyoğlu. Arsitek Masjid Dolmabahçe adalah Garabet Balyan dan putranya Nikogos Balyan. (Vina)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here