Tiga Kunci Sukses Gus Miftah yang Diajarkan Guru-Gurunya

426

Jakarta, Muslim Obsession – Perjalanan orang besar untuk bisa mencapai ke titik kesuksesannya pasti disertai dengan kerja keras. Selain ikhtiar lahir juga dibarengi dengan ikhtiar batin. Artinya ada pola kebiasaan yang terus ia lakuni agar bisa mencapai ke titik puncak itu.

Ini juga yang dirasakan dan dialami oleh Miftah Maulana Habiburrahman atau lebih dikenal dengan Gus Miftah. Saat berbincang-berbincang dengan Helmy Faishal yang diunggah di instagram Nahdlatul Ulama. Ia menyebut ada tiga kunci sukses yang diajarkan oleh guru-gurunya.

Gus Miftah menyebut untuk bisa mencapai kesuksesan, seseorang juga harus melakukan amalan yang tidak boleh terputus. Hal itu juga dilakukan oleh Gus Miftah sesuai anjuran gurunya.

“Saya selalu dikasih tiga resep setiap soan ke kiai-kiai besar saya. Termasuk itu Habib Luthfi, Mbah Moen. Beliau guru-guru saya selalu mengatakan le kunci sukses itu ada tiga. Itu, tirakat, shodaqoh, dan ziarah. Dan itu NU banget,” kata Gus Miftah.

Jadi kunci sukses Gus Miftah ada tiga, pertama tirakat. Tirakat itu bisa bangun malam, tahajud, atau menjalani ibadah puasa. Gus Miftah sendiri selalu menjalani ibadah shalat tahajud, dan puasa dawud. “Jadi saya melakukan itu,” kata Gus Miftah.

Gus Miftah pernah baca juga dalam sebuah kitap bahwa wali-wali Allah yang diangkat drajatnya itu bukan karena ibadah tapi karena shodaqohnya. Karenanya shodaqoh menjadi amalan yang terus ia lakukan.

“Ziarah itu maknanya dua, ziarah kepada orang yang sudah meninggal untuk mendoakan. Sama ziarah sama orang yang hidup untuk minta didoakan,” jelasnya. (Albar)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here