TGB: Bertutur Kata dan Berdiskusilah dengan Cara yang Baik

621
Tuan Guru Bajang dan Ustadz Abdul Somad. (Foto: tgb.id)

Muslim Obsession – Mantan Gubernur Nusa Tenggara Barat (NTB) TGH. Muhammad Zainul Majdi atau yang akrab disapa Tuan Guru Bajang (TGB) mengajak masyarakat untuk berperilaku mulia. Di antaranya dengan berdakwah dengan hikmah, bertutur kata yang baik, dan berdiskusi dengan cara yang baik.

Hal itu dikemukakannya dalam akun Instagramnya setelah memberikan taushiyah pada acara wisuda dan ulang tahun ke-54 Ma’had Darul Quran Wal Hadist Nahdlatul Wathan, Senin (1/7/2019).

Pada postingannya tersebut, TGB menyitir sebuah ayat QS. An-Nahl: 125 yang artinya: “Ajaklah ke jalan Tuhanmu dengan hikmah, tutur kata yang baik, dan berdiskusilah dengan mereka dengan baik”.

“Dahulukan apa yang didahulukan ALLOH. Jangan dibalik,” jelasnya.

TGB kemudian memberikan tafsiran atas ayat tersebut. Pertama, bilhikmah. Cara yang baik, perilaku, keteladanan, kebijaksanaan dan kelembutan, proporsional, sesuai kebutuhan umat bukan kepentingan sang dai.

Kedua, nasihat yang baik. Tak sekedar tuturan, namun tutur kata yang baik. Isi yang baik disampaikan dengan cara yang mulia. Dan terakhir, kalau terpaksa berdiskusi atau berdebat, pastikan diskusi yang terhormat bukan debat kusir apalagi saling menghujat.

Menurutnya, kebijaksanaan, tutur kata yang baik, diskusi yang terhormat merupakan urutan dan tuntunan dakwah.

“Terkadang, kita terlalu semangat berdebat padahal umat hanya perlu kebijaksanaan dalam bentuk keteladanan yang baik,” pungkasnya. (Fath)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here