“Telaga Kahuripan Memanah” Siapkan Generasi Pemimpin yang Sehat Jasmani dan Rohani

1252

Bogor, Muslim Obsession – Anak-anak hari ini adalah pemimpin masa depan. Oleh karenanya, kekuatan dan kesehatan mereka jauh-jauh hari harus dipersiapkan.

Kejayaan mereka, butuh kerja nyata generasi sebelumnya. Sinergi semua pihak menjadi sebuah keharusan.

Dalam rangka memfasilitasi dan memotivasi anak-anak berolahraga dan bermain yang sehat agar kelak menjadi generasi yang kuat jasmani dan rohaninya, serta hebat ibadahnya, Pengurus Takmir Masjid Raya Telaga Kahuripan (MRTK) Kabupaten Bogor menyiapkan arena panahan, sekaligus membuka program olahraga memanah sebagai agenda rutin.

“Kegiatan semacam ini penting untuk dimasyarakatkan dan dilestarikan, selain sebagai upaya menghidupkan olahraga sunnah, ia sangat berdampak positif bagi masyarakat, khususnya anak-anak,” jelas Ketua Takmir MRTK, Muslich Taman, kepada Muslim Obsession, Ahad (28/1/2018).

Muslich menerangkan, memanah dapat bermanfaat untuk meningkatkan konsentrasi dan mengendalikan emosi. “Bahkan juga bisa menguatkan pernafasan dan membiasakan kesabaran,” tegasnya, mengutip pendapat Syaikh Yusuf Al-Qaradhawi.

Hal ini, imbuhnya, juga selaras dengan motto “Jiwa yang sehat terletak pada badan yang sehat” yang memotivasi setiap orang untuk perhatian dan senantiasa menjaga kesehatan fisik dan akal pikirannya.

Muslich lalu mengutip sebuah hadits Rasulullah Saw., yang diriwayatkan Imam Muslim yang menyebutkan bahwa kekuatan itu terletak pada kemampuan memanah (Rasulullah menyebutnya sebanyak tiga kali).

“Juga ada hadits Rasulullah Saw. lainnya, dimana beliau mengatakan, ‘Hak anak dari ayahnya adalah hendaknya sang ayah mengajarinya menulis, memanah, dan memberi rezeki yang halal. Hadits ini diriwayatkan Imam At-Tirmidzi,” pungkas peraih gelar doktor dari Universitas Ibn Khaldun (UIKA) Bogor ini. (Fath)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here