Tak Disangka, Kota Tua Jeddah Simpan Jejak Jamaah Haji Era Kolonial

844
Replika Kota Jeddah (Foto: kota-islam.blogspot.com)

“Jadi, jika ada yang meragukan keaslian perjalanan haji seseorang mereka tinggal menyurati konsul di Jeddah yang bisa langsung mengetahui daftar jamaah dari Pattie atau Soerabaja, misalnya,” tulis Hanegraaf dalam laporan tersebut.

Pada saat itu, otoritas kolonial Belanda juga kerap menginterogasi para jamaah soal perkembangan isu-isu perlawanan terhadap kolonialisme di Makkah. Hal tersebut secara tak langsung menunjukkan di mana kira-kira lokasi konsulat Belanda di Jeddah pada masa itu.

“Buat kami, yang hidup seperti tahanan di dalam dinding Kota Jeddah, Makkah sebagai pusat Dunia Islam sama sekali tertutup,” tulis Konsul J A de Vicq yang menjabat dari 1885 hingga 1889 dalam laporannya, sebagaimana dirilis PHU, Rabu (8/8/2018).

Lokasi persis konsulat Belanda di Al-Balad tidak diketahui. Dari berbagai catatan disebutkan bahwa dibatasi oleh tembok-tembok dan gerbang-gerbang Kota Tua Jeddah. Dari berbagai dokumen didapatkan satu-satunya petunjuk dari gambar-gambar pada masa itu adalah terletak di sebelah selatan Gerbang Madinah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here